Bantah Terlibat Kampanye, Apdesi Tegaskan Tidak Dukung Prabowo-Gibran

Kamis, 23 November 2023 – 13:28 WIB
Bantah Terlibat Kampanye, Apdesi Tegaskan Tidak Dukung Prabowo-Gibran - JPNN.com Jatim
Prabowo dan Gibran saat mendaftar ke kantor KPU, Jakarta, Rabu (25/10). Foto: Ricardo/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) membantah soal deklarasi dukungan pasangan nomor urut 2, Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka, di Kompleks Gelora Bung Karno, Minggu (19/11).

Ketua Apdesi Arifin Abdul Majid mengatakan seluruh anggota yang tergabung tidak memberikan kuasa kepada orang lain untuk melakukan deklarasi dukungan kepada salah satu capres cawapres.

“Kami sekali lagi menolak dan kami tidak menyatakan itu adalah sikap dari Apdesi,” ujar Arifin, Kamis (23/11).

Dirinya merasa sangat keberatan nama Apdesi diklaim dan digunakan sebagai kepentingan politik untuk mendukung salah satu kontestan Pemilu 2024.

Nama Apdesi sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM sehingga penggunaan nama dan logo di acara deklarasi dukungan melanggar aturan.

“Kami berhak untuk mensomasi dan membawa permasalahan ini ke ranah hukum lantaran telah melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan,” katanya.

Arifin meminta kepada pemerintah, lewat lembaga yang berkewenangan agar segera menindak kegiatan tersebut karena tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Pasalnya, nama Apdesi juga dicatut sebagai organisasi perangkat desa yang mendukung wacana perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama tiga periode, Maret 2022 yang juga dihadiri Jokowi. 

Apdesi bantah deklarasi dukungan pasangan nomor urut 2, Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News