Pakar Komunikasi Unair Sebut Cara Unik Kampanye Ganjar Jadi Pembeda

Minggu, 19 November 2023 – 14:40 WIB
Pakar Komunikasi Unair Sebut Cara Unik Kampanye Ganjar Jadi Pembeda - JPNN.com Jatim
Capres Ganjar Pranowo saat berbaur dengan masyarakat. Foto: Tim publikasi

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Guru Besar dan Pakar Komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Prof Dr. Henri Subiakto menilai kebiasaan calon presiden (capres) 2024 Ganjar Pranowo menginap di rumah warga untuk menyerap aspirasi merupakan hal positif.

Hal itu menunjukkan bahwa Ganjar seorang pemimpin yang tidak berjarak dengan masyarakat kecil.

Kegiatan yang telah dilakukan sejak menjadi Gubernur Jawa Tengah itu menunjukkan bahwa Ganjar juga berasal dari masyarakat biasa.

“Saya melihat apa yang dilakukan Pak Ganjar untuk masuk ke rumah-rumah warga menunjukkan beliau orang yang tidak berjarak dengan masyarakat kecil. Agak beda dengan capres-cawapres yang lainnya,” kata Prof Henri, Minggu (19/11).

Dia menjelaskan kebiasaan yang dilakukan Ganjar itu justru menjadi pembeda dan kelebihan di antara capres lainnya.

“Itu justru kelebihan seorang pemimpin seperti itu. Kalau Umar bin Khattab juga ketika ingin mengetahui apa yang terjadi di masyarakatnya, datang ke rumah-rumah penduduk, rumah-rumah masyarakat. Itu dilakukan yang bagus dari sisi itu,” ujarnya.

Dengan gaya kampanye yang unik itu menunjukkan bahwa Ganjar bukan seorang yang tinggi hati meski pernah menjabat anggota DPR-RI.

“Dia masih bisa melayani, saya yakin Pak Ganjar juga capek ketemu sama banyak orang. Ke rumah-rumah itu pasti capek, tetapi dia masih bisa melayani dengan tersenyum, dengan keramahan, itu adalah mekanisme psikologi yang tidak mudah,” ucapnya.

Gaya kampanye menginap di rumah-rumah warga yang dilakukan capres Ganjar tak bisa ditiru oleh orang lain
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News