Presiden Jokowi Dinilai Larut dalam Permainan Kekuasaan Elite

Kamis, 02 November 2023 – 22:00 WIB
Presiden Jokowi Dinilai Larut dalam Permainan Kekuasaan Elite - JPNN.com Jatim
Pengamat Politik Surokim Abdussalam. Foto: Dok pribadi

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengamat Politik Surokim Abdussalam menyinggung pernyataan Politisi PDIP Aria Bima soal adanya toxic relationship di kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Peneliti Senior SSC tersebut menilai Jokowi seperti terlalu larut menikmati permainan kekuasaan elite sehingga tidak sadar terseret di pusaran kekuasaan elitis pragmatis. 

"Kekuasaan memang laksana candu sehingga para penguasa cenderung untuk mempertahankannya dengan berbagai cara," ujar Surokim, Kamis (2/11).

Menurutnya, kekuasaan seharusnya berada di hati publik atau masyarakat bawah, bisa menjadi modal dalam menjaga marwah dan kehormatannya.

"Namun, pelan pelan coba diingkari. Berbeda dengan para negarawan, kekuasaan itu hanyalah medium pengabdian yang terbatas ruang dan waktu," terangnya.

Kekuasaan dalam keyakinan para pengabdi, lanjut dia, sejatinya lebih banyak dianggap sebagai medium latihan, cobaan dan hakikatnya uji konsistensi para pejabat terhadap kebajikan publik (Virtue Public).

"Sebenarnya tak ada yang harus dipertahankan dengan mati matian, cara cara yang melawan kepatutan dan kepantasan publik,” beber Wakil Rektor III Universitas Trunojoyo tersebut.

Dirinya menyarankan, harus ada sosok yang mengingatkan Presiden Jokowi agar bisa kembali istiqomah dalam menjaga nalar kekuasaan pro publik. 

Kata Surokim soal pernyataan Politisi PDIP Aria Bima terkait toxic relationship pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia