Gerindra Pisah Secara Gentle, PKB: Prabowo Lebih Mudah Pilih Cawapres

Sabtu, 02 September 2023 – 20:47 WIB
Gerindra Pisah Secara Gentle, PKB: Prabowo Lebih Mudah Pilih Cawapres - JPNN.com Jatim
Deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Hotel Majapahit Surabaya, Sabtu (2/9). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - PKB dipastikan berpisah dengan Gerindra menyusul pengumuman deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai capres-cawapres di Surabaya, Sabtu (2/9).

Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal memastikan tetap akan menjaga silaturahmi dengan Gerindra yang mengusung Prabowo sebagai capres.

“Kami mengucapkan terima kasih atas pengertian sahabat dari Gerindra seperti yang disampaikan Bang Dasco Ahmad atas terbentuknya kerja sama politik PKB-NasDem,” kata Cucun seusai deklarasi.

Menurutnya, dinamika pilpres diakuinya membuat parpol, termasuk PKB harus berada pada posisi berbeda dengan parpol lain. 

Kewajiban memenuhi presidential threshold memaksa parpol membentuk koalisi yang memungkinkan kebersamaan atau perpisahan.

“Pertemuan maupun perpisahan untuk sementara waktu ini ternyata dipahami benar Gerindra yang disampaikan melalui Bang Dasco. Tentu kami sangat mengapresiasi sikap positif itu,” ujarnya. 

Di sisi lain, kepastian sikap PKB ini akan membuat langkah Prabowo Subianto dalam menentukan cawapres lebih mudah. 

Menteri Pertahanan tersebut tidak lagi terikat dengan Perjanjian Sentul yang mengharuskan pengambilan keputusan Cawapres bersama Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar. 

Gerindra dinilai gentle menyikapi PKB berpisah koalisi dan membuat Prabowo mudah memilih cawapres.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News