Pengamat Respons Koalisi PDIP-PAN Dukung Ganjar Pranowo, Begini Kalimatnya

Sabtu, 03 Juni 2023 – 13:47 WIB
Pengamat Respons Koalisi PDIP-PAN Dukung Ganjar Pranowo, Begini Kalimatnya - JPNN.com Jatim
Ketum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas (dua dari kiri) saat berkunjung ke markas PDIP di Jakarta membahas kerja sama koalisi untuk mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Foto: Dok. PDIP.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - PDI Perjuangan resmi menjalin kerja sama politik dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Kerja sama itu resmi terjalin setelah jajaran PAN berkunjung ke Kantor DPP PDIP di Jakarta pada Jumat (2/6).

Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM)  Surokim Abdussalam mengatakan koalisi antara PDIP dengan PAN saling menguntungkan, termasuk untuk pencapresan Ganjar Pranowo.

Terkait dukungan kepada Ganjar, PAN sangat berkepentingan untuk bisa menang dalam Pilpres 2024 guna mendapatkan coattail effect atau pengaruh ekor jas pilpres.

Tentunya dengan lolos parliamentary threshold sebesar empat persen dan ikut serta dalam pemerintahan.

“PAN memilih mendukung Ganjar lebih banyak terkait pertimbangan ekor jas tadi. Mengamankan parliamentary threshold pada Pileg 2024 sangat penting,” ujar Surokim tertulis, Sabtu (3/6).

Tujuan lainnya, yaitu melanjutkan kerja sama PDIP dan Jokowi.

“PAN harus diakui terus berjuang keras untuk meningkatkan dukungannya agar bisa mencapai tahap lebih aman untuk parliamentary threshold," kata dia.

Terkait kerja sama antara PDIP dan PAN, Surokim menilai kerja sama itu akan memperkokoh politik moderasi kebangsaan yang diperlukan di era transisi politik pasca-2024.

PAN resmi menjalin kerja sama dengan berkoalisi bersama PDIP mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News