Anggota DPRD Surabaya Riswanto Dipecat dari Fraksi PDIP

Rabu, 24 Mei 2023 – 23:10 WIB
Anggota DPRD Surabaya Riswanto Dipecat dari Fraksi PDIP - JPNN.com Jatim
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono. Foto: Dok PDI Perjuangan Surabaya for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Anggota Komisi B DPRD Surabaya Riswanto dipecat dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), (24/5).

Pemecatan Riswanto itu berdasarkan Surat Keputusan dari DPP PDIP nomor 862/KPPS/DPP/V/2023 tertanggal 14 Mei yang ditandatangani langsung oleh Ketum DPP PDIP Perjuangan Megawati Soekarno Putri dan Sekjen PDIP Hasto Kritanto.

Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan dengan turunnya surat tersebut melarang Riswanto melakukan kegiatan dan menduduki jabatan apapun yang mengatasnamakan PDIP.

“Menindaklanjuti SK tersebut, DPC Surabaya mengirim surat kepada Fraksi PDIP Surabaya supaya ditindaklanjuti di proses internal kedewanan,” kata Awi, sapaan akrabnya.

Pihaknya juga telah mengirimkan surat ke KPU Kota Surabaya. Itu karena setelah pemecatan akan ada proses pergantian antar waktu (PAW) terkait dengan statusnya sebagai anggota Komisi B DPRD Surabaya.

“Ketiga, mengirim surat kepada DPP PDIP melalui DPD PDIP Jatim untuk mengusulkan Tri Indah Ratnasari sebagai calon pengganti Riswanto,” ujarnya.

Awi yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Surabaya itu mengungkapkan Tri Indah Ratnasari menduduki peringkat 4 dengan suara 6.196 pada Pemilu 2019 lalu.

“Supaya segera diturunkan proses rekomendasi itu diintansi pemerintah. Saya juga sudah menyampaikan ke pak wali dan sama-sama mengawal proses PAW itu,” tuturnya.

Riswanto dipecat jadi anggota DPRD Surabaya. PDIP tunjuk calon pengganti baru. Siapa dia?
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News