Survei ARCI, Elektabilitas PDIP di Jatim Masih Teratas, Golkar Mulai Mendekati 

Kamis, 11 Mei 2023 – 16:54 WIB
Survei ARCI, Elektabilitas PDIP di Jatim Masih Teratas, Golkar Mulai Mendekati  - JPNN.com Jatim
Direktur ARCI Baihaki Siraijt memaparkan elektabilitas partai politik di Jatim. Foto: Dok. ARCI.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas partai politik (parpol) di Jawa Timur untuk Pemilu 2024.

Direktur ARCI Baihaki Siraijt mengatakan elektabilitas PDI Perjuangan masih berada di puncak disusul PKB, Gerindra, dan Golkar.

“PDIP masih teratas di Jatim, disusul  PKB, Gerindra, dan Golkar. Jaraknya tidak terlalu jauh dan masih memungkinkan untuk ganti (urutannya),” kata Baihaki tertulis, Kamis (11/5).

Dalam survei ARCI, PDIP unggul dengan angka sebesar 17,5 persen, lalu PKN 15,7 persen, Gerindra 13,5 persen, dan Golkar 13,1 persen.

Alasan PDIP masih berada di peringkat teratas di Jatim lantaran bisa menjaga ritme dan konsistensi di Bumi Majapahit.

"Selain itu, ada efek elektoral dari pencapresan Ganjar untuk PDIP di Jatim," ujarnya.

Adapun PKB, Gerindra, dan Golkar, kata Baihaki, pertarungannya masih ketat dan cair. Ketiga partai tersebut berebut posisi kedua dan ketiga di Jatim.

“Selisihnya masih margin of error. Kalau Demokrat mulai ada kenaikan,” jelasnya.

PDIP Jatim masih menjadi parpol dengan elektabilitas tertinggi di Jatim, sedangkan Golkar mulai ada peningkatan mendekati.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News