Pengamat Soroti Perbedaan Kesolidan PDIP dan NasDem Saat Umumkan Capres

Kamis, 27 April 2023 – 21:55 WIB
Pengamat Soroti Perbedaan Kesolidan PDIP dan NasDem Saat Umumkan Capres - JPNN.com Jatim
Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam. Foto: Dok. Pribadi Surokim untuk JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam menyoroti perbedaan kesolidan PDIP dan NasDem saat mengumumkan capres yang diusung.

Dia menilai saat Ganjar Pranowo dicalonkan, seluruh kekuatan PDIP solid, sedangkan Anies Baswedan dicalonkan ramai diberitakan banyak elit dan kader NasDem yang menyatakan keluar, mulai tingkat pusat hingga daerah.

Surokim mengatakan sejak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Ganjar sebagai capres, seluruh kader langsung merapatkan barisan.

Menurut dia, tak ada lagi perbedaan dukungan, mulai dari kader di tingkat pusat, daerah, cabang, anak cabang, hingga ranting.

"Untuk urusan disiplin partai, harus diakui PDIP paling solid. Semuanya disiplin. Begitu putusan ketua umum, responsnya bagus. Tak ada faksi-faksi lagi," ujar Surokim tertulis, Kamis (27/4).

Dia melihat adanya kesuksesan di akar rumput PDIP setelah Megawati mengumumkan Ganjar. Hal itu berbeda saat NasDem mengumumkan pencapresan Anies.

Surokim beranggapan banyak kader NasDem yang tak sepaham hingga memutuskan keluar dari partai politiknya.

"Tone-nya banyak yang tidak sama antara yang diputuskan DPP dan partai pendukung banyak yang masih kanan-kiri. Tak solid, bahkan keluar partai ya banyak, tak setuju dengan yang dimajukan," bebernya.

Perbedaan kesolidan PDIP dan NasDem saat mengumumkan capres yang diusung mendapat sorotan dari Pengamat Politik Surokim Abdussalam.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News