Kata Pengamat Soal Kunjungan Anies ke Surabaya: Bentuk Pengakuan Kerja Kader PDIP

Senin, 20 Maret 2023 – 14:31 WIB
Kata Pengamat Soal Kunjungan Anies ke Surabaya: Bentuk Pengakuan Kerja Kader PDIP - JPNN.com Jatim
Anies Baswedan dikerumuni warga saat berjalan-jalan di Jalan Tunjungan Surabaya menikmati suasana malam, Sabtu (18/3). Foto: Dok. Niam untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI Anies Baswedan menikmati malam minggu dengan berkunjung ke Jalan Tunjungan, Surabaya, Sabtu (18/3).

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Andri Arianto menilai kunjungan Anies justru sebagai bentuk pengakuan kerja nyata kader PDI Perjuangan

Pasalnya, Sentra Wisata Kuliner (SWK) dan Tunjungan Romansa merupakan hasil transformasi yang digarap Tri Rismaharini dan Eri Cahyadi sebagai Wali Kota Surabaya yang tak lain adalah kader PDIP.

“Dari sisi politik, kita bisa memaknai Anies ingin menyampaikan pesan tentang ekonomi kerakyatan dengan berkunjung ke SWK dan kekuatan ekonomi kaum muda dengan mengunjungi Tunjungan Romansa,” ujar Andri tertulis, Minggu (19/3).

Selain itu, lanjut Andri, publik juga bisa mempersepsikan hal itu sebagai bukti pengakuan Anies terhadap kerja PDIP lantaran SWK dan Tunjungan Romansa kuga hasil kerja kader PDIP.

Anies dikenal sebagai politikus yang kerap mengirimkan pesan-pesan simbolik, mulai dari unggahan buku tentang demokrasi, memakai kaus dengan tulisan tertentu, hingga akrab bersama Habib Rizieq. 

Hal tersebut sama dengan pilihan Anies mengunjungi Surabaya, di mana tempat-tempat yang sukses ditransformasi para kader PDIP.

“Saya tidak tahu ini disengaja atau kesalahan setting tempat dari tim sukses Anies, tetapi kunjungannya dimaknai publik sebagai pengakuan bahwa kader PDIP sukses menjalankan pembangunan berbasis kerakyatan di Surabaya,” katanya.

Pengamat politik dari Uinsa Andri Arianto menilai kunjungan Anies Baswedan ke Surabay justru sebagai bentuk pengakuan kerja nyata kader PDIP.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News