Agatha Kecam Keras Aksi Pembakaran dan Perobekan Al-Qur'an: Kesesatan Berekspresi

Jumat, 27 Januari 2023 – 11:55 WIB
 Agatha Kecam Keras Aksi Pembakaran dan Perobekan Al-Qur'an: Kesesatan Berekspresi - JPNN.com Jatim
Politikus PDIP sekaligus anggota Fraksi PDIP DPRD Jatim Agatha Retnosari mengecam aksi pembakaran dan perobekan Al-Qur'an di Swedia dan Belanda. Foto: Dok. Pribadi Agatha.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Politikus PDIP sekaligus anggota Fraksi PDIP DPRD Jatim Agatha Retnosari mengecam keras tindakan yang menghina kitab suci, seperti yang terjadi di Swedia dan Belanda.

Agatha mengatakan apapun alasannya tindakan tersebut tak boleh dilakukan. Tindakan itu sudah melampaui batas penghormatan terhadap kepercayaan setiap orang.

"Terserah Anda punya keyakinan apa, tetapi tidak boleh menghina, apalagi sampai membakar, menginjak-injak," ujar Agatha tertulis, Jumat (27/1).

Politikus sayap kanan Rasmus Paludan dalam demonstrasdi Stockholm, Swedia melakukan pembakaran Al-Qur'an. Aksi provokatif juga dilakukan politikus Edwin Wagensveld yang merobek kitab suci itu di Den Haag.

Video-video keduanya melakukan hal itu beredar luas di media sosial.

Menurut Agatha pembakaran atau perobekan kitab suci merupakan perbuatan yang lahir dari pikiran dan pandangan yang picik.

Alih-alih bagian dari kebebasan berekspresi sebagai buah dari pruralisme dan multikulturalisme, aksi itu justru mengkhianati nilai-nilai keduanya.

Dia menjelaskan nilai pruralisme dan multikulturalisme mengendalikan sikap menghargai perbedaan, tidak menghinda keyakinan orang lain.

Politikus PDIP sekaligus anggota Fraksi PDIP DPRD Jatim Agatha Retnosari mengecam pembakaran dan perobekan Al-Qur'an di Swedia dan Belanda.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News