Kata Ketum KPU Hasyim Kampanye Boleh Dilakukan di Kampus, Tetapi

Rabu, 20 Juli 2022 – 10:10 WIB
Kata Ketum KPU Hasyim Kampanye Boleh Dilakukan di Kampus, Tetapi - JPNN.com Jatim
Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Hasyim Asy'ari memberikan keterangan pers di Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (19/7/2022). (ANTARA/Vicki Febrianto)

jatim.jpnn.com, MALANG - Ketua Komisi Pemilihan UMUM (KPU) RI Hasyim Asy'ari menyatakan kampanye pemilu boleh dilakukan di lingkungan kampus atau perguruan tinggi, tetapi harus memenuhi sejumlah ketentuan.

"Boleh saja. Mahasiswa pemilih, dosen pemilih. Kenapa kampanye di kampus tidak boleh? Mestinya boleh," kata Hasyim seusai menghadiri Sarasehan Kebangsaan di Universitas Brawijaya, Malang, Selasa (19/7).

Ada sejumlah ketentuan juga yang harus dipenuhi, termasuk memberikan kesempatan yang sama bagi peserta pemilu lain.

Misalnya, ada tiga calon yang berkampanye maka mereka diberikan ruang yang sama melakukan kampanye di lingkungan kampus. Hal tersebut bisa dilakukan karena seluruh warga kampus adalah pemilih.

"Asal diberikan kesempatan yang sama. Misal, calonnya ada tiga, ketiganya boleh masuk (berkampanye) di kampus. Kalau mau diadu debat, juga boleh," ujarnya.

Menurut dia, masyarakat di Indonesia cerdas untuk melihat adanya unsur kampanye atau tidak saat peserta pemilu melakukan kunjungan kerja. Kampanye merupakan sarana untuk memengaruhi seseorang memilih.

"Rakyat kita sudah cerdas, mana yang kampanye dan tidak sudah tahu. Kampanye bicara soal visi misi, lalu ada ajakan untuk memilih. Jika bicara visi misi tidak ada ajakan memilih, itu bukan kampanye," tuturnya.

Dia menilai kampus sebagai tempat pengembangan keilmuan, teknologi, dan inovasi yang bisa dimanfaatkan partai politik untuk meneruskan kebijakan inovatif dan pembangunan Indonesia.

Kampanye Pemilu diperbolehkan di lingkungan kampus atau perguruan tinggi asalkan memenuhi sejumlah ketentuan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News