Polisi Panggil 40 Calon Kades di Malang, Dikumpulkan dalam Satu Ruangan Demi Ini

Senin, 28 Maret 2022 – 13:08 WIB
Polisi Panggil 40 Calon Kades di Malang, Dikumpulkan dalam Satu Ruangan Demi Ini - JPNN.com Jatim
Sebanyak 40 cakades di Kabupaten Malamg deklarasi damai menjelang pilkades. Foto: Ridho Abdullah/JPNN

jatim.jpnn.com, MALANG - Sebanyak 14 desa di Kabupaten Malang akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades) pada tahun 2022.

Demi menjaga keamanan atau mengantisipasi terjadinya konflik antarpara pendukung, pihak kepolisian memanggil 40 calon lalu dikumpulkan guna melakukan deklarasi damai di Gedung Satwada Mapolres Malang.

Kapolres Kabupaten Malang AKBP Ferli Hidayat mengatakan mengantisipasi konflik saat pelaksanaan pilkades sangat penting. Dengan deklarasi tersebut berarti para calon sudah berkomitmen menjaga keamanan dan kondusifitas saat pemilihan nanti.

"Kami yakini pemilihan apa pun, itu menjadi bagian dari kehidupan demokrasi dan ini menjadi bagian komitmen," ujar Ferli, Minggu (27/3).

Para calon kades juga diberikan pesan agar turut serta menjaga dan bertanggung jawab terhadap keamanan, ketertiban, dan kelancaran Pilkades Antarwaktu Tahun 2022, terutama bagi daerah yang memiliki cakades yang lebih dari satu calon.

"Komitmen ini tolong dijaga, komitmen bersama siap menang dan siap kalah," tegasnya.

Dia menambahkan saat pelaksanaan Pilkades memang seringkali memunculkan kerentanan terjadinya gesekan karena pilihan yang berbeda. Oleh karena itu harus tetap dijaga, baik sebelum maupun setelah pelaksanaannya.

"Kami meyakini bahwa pelaksanaan Pilkades nantinya akan berjalan sesuai dengan harapan," (mcr26/jpnn)

Sebanyak 40 calon kepala desa di Kabupaten Malang dipanggil kepolisian untuk melakukan hal ini demi mencegah konflik antarpara pendukung

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News