Raperda RTRW Batu Dituding Datangkan Bencana, Aliansi Warga Geruduk DPRD

Rabu, 23 Februari 2022 – 07:42 WIB
Raperda RTRW Batu Dituding Datangkan Bencana, Aliansi Warga Geruduk DPRD  - JPNN.com Jatim
Aliansi warga melakukan aksi protes di depan Kantor DPRD Kota Batu pada Selasa, (22/2). Foto: Ridho Abdullah/jpnn.com

jatim.jpnn.com, BATU - Aliansi warga melakukan aksi di depan Kantor DPRD Kota Batu pada Selasa, (22/2). Aksi tersebut terkait dengan kerusakan ruang ekologis hutan lindung yang mengancam keberlangsungan hidup masyarakat.

Kelompok warga tersebut menyatakan kegiatan pembangunan yang tidak terkontrol menjadi akar masalahnya munculnya bencana.

Koordinator Aksi dari Aliansi Selamatkan Malang Raya Jansen Tarigan menyatakan revisi Perda Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) dinilai sangat tidak pro rakyat. Revisi yang dilakukan pemerintah dinilai berpotensi mendatangkan bencana ekologis lebih besar.

"Pembukaan lahan di hutan lindung dan hutan rakyat di Kota Batu begitu masif, bahkan ada banyak proyek yang dibangun terlebih dahulu, baru mengurus izin," ucapnya.

Jansen mengutarakan pihaknya menemukan enam poin dalam raperda itu yang menjadi sorotan mereka, yakni penghilangan tiga jenis kawasan lindung, pengurangan kawasan lindung setempat, dan pemotongan jumlah sempadan mata air.

Berikutnya, pengurangan sempadan sungai yang membuat tidak teratur, penghilangan kawasan cagar budaya, dan alih fungsi kawasan hutan lindung yang menjadi hutan produksi.

"Raperda saat ini mengancam lingkungan hidup. Salah satu contoh dampaknya, pada 4 November 2021, terjadi banjir bandang yang mengakibatkan banyak korban. Itu peringatan dari alam yang sebelumnya tidak pernah terjadi," kata Jansen.

Di sisi lain, hasil kajian yang dilakukan aliansi menyatakan hutan lindung yang ada di kawasan Kota Batu, khususnya pada lereng hutan Gunung Arjuno hanya tersisa 12 persen dari total luas wilayah.

Aliansi warga melakukan demo di Kantor DPRD Kota Batu. Mereka menuding pemkot melakukan sejumlah kerusakan ruang ekologis.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News