PSSI Libatkan Banyak Perguruan Tinggi untuk Tambah Jumlah Wasit dan Pelatih

Sabtu, 09 September 2023 – 10:45 WIB
PSSI Libatkan Banyak Perguruan Tinggi untuk Tambah Jumlah Wasit dan Pelatih - JPNN.com Jatim
Ketum PSSI Erick Thohir saat menjadi pembicara kuliah umum di Universitas Negeri Surabaya. Foto: Dok Humas Unesa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengungkapkan Indonesia membutuhkan banyak pelatih dan wasit. Hal itu untuk memperbaiki kualitas sepak bola di tanah air.

Upaya untuk meningkatkan jumlah wasit dan pelatih yakni melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi, salah satunya Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Erick menjelaskan jumlah wasit dan pelatih sepak bola di Indonesia masih kalah dengan Jepang, padahal jumlah penduduk Jepang di bawah Indonesia.

“Jepang punya wasit sekitar 80 ribu orang, sedangkan pelatih bisa 20 ribu lebih. Kita berapa? padahal jumlah penduduk lebih banyak. Artinya, ada yang mesti kita perbaiki,” kata Erick seusai menandatangani nota kesepahaman PSSI dengan Unesa, Jumat (8/9).

Dia mengungkapkan untuk mencari talenta-talenta seorang pelatih dan wasit PSSI tidak bisa bekerja sendiri.

“Tidak mungkin PSSI sendiri. Itulah kenapa kami mendorong sertifikasi kepelatihan, kewasitan dan semuanya kami lakukan bersama-sama dengan perguruan tinggi,” ujarnya.

Erick mengatakan poinkedua kerja sama tersebut juga dalam rangka membangun sport sciences yang diharapkan bisa meningkatkan kualitas fisik atlet tanah air.

Hal itu yang bakal didorong bersama perguruan tinggi, termasuk UNESA yang terkenal dengan olahraga sebagai unggulannya.

PSSI melakukan kerja sama dengan Unesa untuk memperbanyak wasit dan pelatih di Indonesia.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News