Komnas HAM Minta PSSI Bekukan Seluruh Pertandingan Sepak Bola

Jumat, 04 November 2022 – 12:42 WIB
Komnas HAM Minta PSSI Bekukan Seluruh Pertandingan Sepak Bola - JPNN.com Jatim
Anggota Komnas HAM Choirul Anam menunjukkan video kunci terkait dengan tragedi di Stadion Kanjuruhan, dalam konferensi pers di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Rabu (2/11/2022). ANTARA/Tri Meilani Ameliya.

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Komnas HAM merekomendasikan PSSI agar membekukan sementara seluruh pertandingan sepak bola sampai dilakukan standarisasi substantif terhadap seluruh pengawas dan perangkat pertandingan.

“Pembekuan pertandingan itu sesuai aturan yang dikeluarkan FIFA, Asian Football Confederation (AFC), dan PSSI,” kata Anggota Komnas HAM Choirul Anam di Jakarta beberapa waktu lalu.

Langkah itu perlu dilakukan demi menjamin penyelenggaraan pertandingan sepak bola Tanah Air yang aman.

Rekomendasi ini disampaikan Komnas HAM dalam rangka memperbaiki persepakbolaan Indonesia dan mencegah agar tragedi Kanjuruhan tak terulang kembali.

Selain itu, Anam menyampaikan empat rekomendasi lainnya dari Komnas HAM untuk PSSI.

Pertama, melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap statuta, aturan keamanan serta keselamatan, kode disiplin, dan berbagai perjanjian kerja sama dengan para pihak yang terkait dengan pertandingan sepak bola.

Evaluasi itu diharapkan bisa memprioritaskan keamanan dan keselamatan insan sepak bola, termasuk di dalamnya juga melibatkan aparat.

Kedua, bekerja sama dengan klub-klub sepak bola di Tanah Air dalam menghadirkan pembinaan yang sungguh-sungguh kepada suporter sepak bola.

PSSI diminta membekukan seluruh pertandingan sepak bola untuk sementara waktu pascatragedi Kanjuruhan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News