Jaring Bibit Atlet Esports Potensial, AVGI Jatim Gelar Kejauaran, Ribuan Peserta Berlaga

Selasa, 18 Januari 2022 – 07:42 WIB
Jaring Bibit Atlet Esports Potensial, AVGI Jatim Gelar Kejauaran, Ribuan Peserta Berlaga - JPNN.com Jatim
Kadispora Jatim, Pulung Chausar (dua dari kanan) bersama dengan Ketua AVGI Jatim Daniel Agung (kanan) dalam ajang kejuaran EJEC 2022. Foto: ESI Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Asosiasi Video Game Indonesia (AVGI) Jawa Timur resmi membuka East Java Esports Championship (EJEC) yang telah terselenggara secara hybrid sejak 27 Desember 2021.

Acara yang didukung oleh Pemprov Jawa Timur dan Bank Jatim itu bakal akan mempertandingkan gim Mobile Legend dan PUBG Mobile hingga 6 Februari mendatang.

EJEC merupakan turnamen esports terbesar di Jatim dan pertama kali sejak 2021 yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas di era pandemi yang sedang dilalui. 

Selain itu, kegiatan tersebut sekaligus untuk menjaring komunitas serta mencari bibit atlet yang berpotensial di kota/kabupaten.

"Output dari diselenggarakannya acara tersebut adalah untuk referensi atlet yang akan kami berikan kepada ESI Jatim,” kata Sekretaris AVGI Jawa Timur, Arderio Hukom tertulis, Senin (17/1). 

Dia mengharapkan komunitas gim di Jawa Timur makin berkembang dan mendapatkan jenjang level yang lebih tinggi, yakni menjadi atlet profesional di tingkat nasional, bahkan internasional.

Ketua Pelaksana EJEC, Swie Ging menyebut acara itu diikuti lebih dari 200 tim Mobile Legends dan 275 tim PUBG Mobile dengan total 2.100 peserta. Para pendaftar rata-rata usia 16-24 tahun.

"Target kami memang di usia 16-24 tahun karena termasuk dalam pengembangan kelompok umur keatletan," ujar Swie.

Ribuan peserta berlaga di kejuaran esports, EJEC. Pemenang bakal mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan pendampingan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News