Paket Makanan asal Afrika Selatan Diamankan Polda Jatim, Ternyata Ini Isinya

Senin, 27 September 2021 – 13:00 WIB
Paket Makanan asal Afrika Selatan Diamankan Polda Jatim, Ternyata Ini Isinya - JPNN.com Jatim
Polda Jatim menunjukkan barang bukti yang diduga paket sabu-sabu asal Afrika Selatan. Foto: tribratanews.jatim.polri.go.id

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Subdit II Ditresnarkoba Polda Jatim mengungkap pengiriman narkotika jenis sabu-sabu jaringan internasional dari Timur Tengah. Polisi pun mengamankan empat orang tersangka berinisial RZ, ST, DS, dan FK.

Aparat berhasil menyita paket yang diduga berisi narkotika dengan berat kotor sekitar empat kilogram.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan pengungkapan tersebut bermula pengembangan kasus tindak peredaran gelap narkotika jaringan Jakarta-Jawa Timur yang sebelumnya telah diungkap pihaknya.

Menindaklanjuti informasi peredaran tersebut, polisi langsung berkoordinasi dengan petugas Bea Cukai dan Bandara Juanda.

Namun muncul informasi terbaru bahwa paket sabu-sabu itu tidak jadi dikirim melalui Bandara Juanda, melainkan melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Aparat pun berkoordinasi dengan petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta. Walhasil, ditemukan paket yang diimpor dari Afrika Selatan dan diduga berisi narkotika jenis sabu-sabu.

Gatot mengungkapkan modus operandi jaringan Afrika Selatan itu dengan menyusupkan paket yang diduga berisi sabu-sabu ke dalam koper yang telah dimodifikasi dan berisi makanan dari Timur Tengah.

Paket berupa dua koper merah marun itu lantas diserahkan kepada petugas dari Ditresnarkoba Polda Jatim untuk selanjutnya dilakukan control delivery guna menelusuri siapa penerima barang terlarang itu.

Sebuah paket mencurigakan yang diduga berisi sabu-sabu dengan berat kotor empat kilogram diamankan Polda Jatim. Begini lengkapnya.