Densus 88 Sebut Tersangka Terorisme di Batu Tak Terkait dengan Jakbar

Rabu, 07 Agustus 2024 – 19:35 WIB
Densus 88 Sebut Tersangka Terorisme di Batu Tak Terkait dengan Jakbar - JPNN.com Jatim
Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol. Aswin Siregar berbicara dengan awak media di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta, Senin (5/8). ANTARA/Nadia Putri Rahmani

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Densus 88 Antiteror Polri menyebut dua tersangka dugaan tindak pidana terorisme yang ditangkap di Kota Batu berinisial HOK (19) tak ada keterkaitan dengan tersangka terorisme di Jakarta Barat.

"Keduanya tidak memiliki keterkaitan. Jadi, termasuk grup media sosial dan laman yang diakses keduanya juga berbeda," kata Jubir Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar dalam konferensi pers di Gedung Divisi Humas Polri, Rabu (7/8).

Densus 88 menangkap dua tersangka terorisme berinisial RJ dan AM di Jakarta Barat pada Selasa (6/8). Aswin menyebut keduanya merupakan pendukung Daulah Islamiyah atau ISIS, sedangkan tersangka HOK yang ditangkap di Kota Batu seorang simpatisan.

Dia menjelaskan para tersangka memang bergabung dalam grup media sosial yang berisi ajakan-ajakan atau propaganda Daulah Islamiyah. Akan tetapi, kata dia, hanya RJ dan AM yang sengaja mengunggah propaganda.

“Perbedaannya adalah kalau dua orang ini (RJ dan AM) memang sengaja mengunggah dukungan. Jadi, yang bersangkutan bukan hanya menjadi simpatisan, tetapi aktif menyebarkan atau melakukan propaganda dukungan terhadap Daulah Islamiyah atau ISIS tersebut,” jelasnya.

Perbedaan lainnya yang ditemukan adalah dari bahan peledak yang diamankan penyidik. Aswin menyebut bahwa bahan peledak yang digunakan oleh pelaku di Jakarta Barat dan Batu, jenisnya berbeda.

“Kemungkinan besar tutorialnya ataupun sumber pembelajarannya berbeda,” ucapnya.

Dia menambahkan ditangkapnya RJ dan AM berawal dari proses skrining atau monitoring pihak Densus 88 terhadap grup media sosial dan laman-laman yang memiliki aktivitas terkait propaganda, khususnya propaganda ISIS.

Densus 88 menyebut tersangka terorisme di Kota Batu dan Jakarta Barat tidak saling terkait.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News