Janjikan 'Jalur Belakang' kepada Wali Murid , Petugas Kebersihan Dispendik Surabaya Ditangkap

Selasa, 25 Juli 2023 – 15:15 WIB
Janjikan 'Jalur Belakang' kepada Wali Murid , Petugas Kebersihan Dispendik Surabaya Ditangkap - JPNN.com Jatim
Tersangka penipuan PPDB Surabaya DA (43) saat di Polsek Tegalsari Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Polisi menangkap seorang petugas kebersihan di Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya berinisial DA (43).

Dia ditangkap seusai melakukan penipuan terhadap dua wali murid terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023.

Kapolsek Tegalsari Imam Mustolih menjelaskan kejadian itu bermula saat tersangka menawarkan bantuan terkait PPDB kepada salah satu korban bernama Feri Anggraini pada 8 Juni 2023.

Tersangka menawarkan sejumlah kemudahan yakni bisa meloloskan dua anaknya ke SMPN 10 dan SMKN 2 tanpa seleksi dijalur PPDB. Namun, untuk mempermudah prosesnya, korban harus memberikan sejumlah uang kepada tersangka.

Tawaran itu disambut baik oleh Feri. Tersangka yang mengaku sebagai driver Kadisepndik Surabaya itu lalu memberikan sejumlah nominal yang harus segera dilunasi.

Dia berdalih uang tersebut akan diberikan kepada staf Dispendik Surabaya dan Jawa Timur.

“Tersangka meminta sejumlah uang kepada Feri dengan nominal Rp11 juta. Rp3 juta untuk masuk ke SMPN 10 yang akan diserahkan ke koordinator Dispendik. Sedangkan Rp8 juta akan diserahkan kepada sekretaris Dispendik Jawa Timur,” katanya.

Feri yang terlanjur percaya dan tergiur dengan iming-iming tersangka juga menawarkan jasa tersangka kepada temannya bernama Fitri Ikawanti.

Polisi menangkap petugas kebersihan Dispendik Surabaya usai tipu dua wali murid
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News