Organ Tubuh 'Orang Jawa' Dipasok ke Luar Negeri, Berikut Modusnya

Kamis, 20 Juli 2023 – 15:50 WIB
Organ Tubuh 'Orang Jawa' Dipasok ke Luar Negeri, Berikut Modusnya - JPNN.com Jatim
Dirjen Imigrasi Silmy Karim saat di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Juanda Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Direktorat Jendral Imigrasi mengendus dugaan tindak perdagangan organ tubuh internasional dari warga Pulau Jawa.

Temuan itu ialah hasil pengembangan dari kasus perdagangan organ tubuh yang diungkap oleh jajaran Kantor Imigrasi Ponorogo pada (5/7) lalu.

Dirjen Imigrasi Silmy Karim mengungkapkan kasus perdagangan organ tubuh itu menjadi atensi semua kantor wilayah imigrasi di Indonesia. Saat ini, pihaknya masih berusaha untuk melakukan pendalaman terkait  dengan kasus baru itu.

“Kami lagi telusuri. Ada indikasinya. Mudah-mudahan kanim (kantor imigrasi) lain bisa mengungkap supaya tidak ada lagi WNI jadi korban,” kata Silmy saat kunjungan kerja ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Kamis (20/7).

Dia belum bisa memastikan kasus penjualan organ tubuh yang baru itu masih satu jaringan dengan yang beraksi di Ponorogo atau tidak.

“Belum dapat info lengkap,” jelasnya.

Silmy mengungkapkan rata-rata orang yang menjadi korban perdagangan organ internasional itu berasal dari Pulau Jawa. Umumnya, organ yang diperjualbelikan ialah ginjal.

“Makanya kami meminta agar masyarakat  agar tidak terpengaruh dengan iming-iming keuntungan seusai penjualan organ. Sesulit-sulitnya ekonomi masyarakat jangan sampai dimanfaatkan masyarakat asing. Hubungannya dengan kesehatan,” tegasnya.

Direktorat Jendral Imigrasi mengendus indikasi perdagangan organ tubuh warga Pulau Jawa.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News