KPK Endus Deal & Aliran Uang dalam Jual Beli Tanah di PTPN XI

Kamis, 20 Juli 2023 – 15:09 WIB
KPK Endus Deal & Aliran Uang dalam Jual Beli Tanah di PTPN XI - JPNN.com Jatim
Petugas KPK memasukan dua koper yang diduga berisi dokumen terkait pengadaan lahan oleh PTPN XI Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Sebuah dugaan terungkap dalam proses transaksi jual beli lahan hak guna usaha untuk perkebunan tebu di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI.

Penyidik KPK menduga ada 'deal' tertentu dan aliran uang dalam transaksi perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang agribisnis perkebunan dengan core business gula itu.

Hal tersebut ditemukan penyidik KPK saat melakukan pemeriksaan terhadap lima orang saksi terkait.

Mereka, yaitu Senior Executive VP Operation PTPN XI Agus Setiono, GM Perusahaan Gula Assembagoes Agus Priambodo, Asisten Manajemen Tanaman Perusahaan Gula Assembagoes Abdul Aziz Wibowo.

Selanjutnya ialah peneliti pada Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) Arinta Rury Puspitasari dan Kepala Bagian Usaha Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) Aris Lukito.

"Para saksi didalami pengetahuannya, antara lain, soal dugaan adanya beberapa deal kesepakatan berupa aliran sejumlah uang dalam proses transaksi jual beli lahan HGU untuk perkebunan di PTPN XI," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Kamis (20/7).

Kelima saksi tersebut diperiksa penyidik lembaga antirasuah itu pada Selasa (18/7) di Kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Surabaya.

Meski demikian, Ali tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai efek dari 'deal' tersebut dalam proses jual beli dimaksud.

Meskipun tersangka tak kunjung diumumkan, KPK menyampaikan bahwa mereka menduga ada deal dan aliran uang dalam transaksi jual beli HGU di PTPN XI Surabaya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News