Di Situbondo Masih Banyak Toko yang Jual Rokok Tanpa Cukai, Alasannya Beragam

Sabtu, 17 September 2022 – 20:25 WIB
Di Situbondo Masih Banyak Toko yang Jual Rokok Tanpa Cukai, Alasannya Beragam - JPNN.com Jatim
Bea dan Cukai Jember bersama Satpol PP Situbondo operasi rokok ilegal di warung dan toko. (ANTARA/HO-Satpol PP Situbondo)

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Puluhan ribu batang rokok tanpa pita cukai di pasaran disita petugas Kantor Bea Cukai Jember bersama Satpol PP Kabupaten Situbondo.

Kasi Penindakan dan Penyidikan Kantor Bea Cukai Jember Widodo Wiji Mulyono mengatakan selama sembilan hari melaksanakan operasi, pihaknya menemukan rokok-rokok tanpa cukai di toko serta warung.

"Ada puluhan ribu batang rokok tanpa pita cukai kami amankan," ujar Widodo.

Menurutnya, hasil rampasan rokok ilegal di Situbondo cukup signifikan atau peredaran rokok tanpa pita cukai masih marak terjadi. Modusnya tak lagi memasang produk di luar, tetapi di dalam toko.

"Untuk sebaran rokok ilegal hampir di setiap kecamatan kami lakukan penindakan, di toko-toko masih ada. Memang modusnya tidak lagi mereka memajang, tetapi ada di dalam," tuturnya.

Penindakan yang dilakukan tersebut cukup efektif karena banyak warung yang sudah tidak menjual lagi setelah ditindak.

"Kami tadi juga mengulang karena ini kan hari kesembilan, tetapi ketika kami ke sana lagi sudah tidak ada lagi, artinya kesadaran mereka ada," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Situbondo Buchari mengatakan penindakan yang paling banyak dilakukan di Kecamatan Besuki. Banyak penjual yang alasan tidak tahu, terpaksa, hingga dititipi.

Di Situbondo masih banyak toko yang menjual rokok tanpa pita cukai, Satpol PP menyita puluhan ribu batang dari hasil penindakan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News