Konon Kasus Suap Seperti di UNILA Dilakukan oleh Sejumlah Kampus Malang

Rabu, 24 Agustus 2022 – 23:48 WIB
Konon Kasus Suap Seperti di UNILA Dilakukan oleh Sejumlah Kampus Malang - JPNN.com Jatim
Ilustrasi suap. Ilustrator: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Malang Corruption Watch (MCW) menyoroti penangkapan serta penetapan Rektor Universitas Lampung (UNILA) dan jajaran sebagai tersangka suap penerimaan mahasiswa baru (maba).

Koordinator MCW Adi Susilo menyatakan kasus suap di lingkungan perguruan tinggi negeri marak terjadi.

Oleh karena itu, dia mengharapkan KPK bisa melakukan penyelidikan secara menyeluruh dan tidak hanya dilakukan penangkapan di Lampung.

Contohnya, seperti yang dilaporkan pihaknya pada 2015. MCW menemukan indikasi adanya praktik pungutan liar (pungli) di lingkungan kampus Kota malang kepada calon mahasiswa.

Kala itu, maharnya mencapai puluhan, bahkan ratusan juta rupiah sebagai ganti bisa masuk jurusan favorit di kampus-kampus ternama setempat.

"Apalagi dengan adanya sistem masuk mandiri yang kategorinya makin diperbanyak. Besar kemungkinan peluang yang sama ada," ucapnya kepada JPNN Jatim.

Mengetahui dugaan itu, MCW sebelumnya sudah berusaha melapor, tetapi tidak ada tindak lanjut yang serius setelahnya.

"Sempat ditelusuri oleh KPK, tetapi tidak ditindaklanjuti," tuturnya.

MCW pernah melaporkan dugaan suap seperti yang terjadi di UNILA yang disinyalir dilakukan oleh beberapa kampus ternama di Malang.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News