Puluhan Simpatisan Anak Kiai Jombang Diangkut Polisi, Menghalangi Penangkapan MSAT

Kamis, 07 Juli 2022 – 14:34 WIB
Puluhan Simpatisan Anak Kiai Jombang Diangkut Polisi, Menghalangi Penangkapan MSAT - JPNN.com Jatim
Ratusan personel gabungan saat melakukan upaya penangkapan paksa terhadap MSAT di Jombang. Foto: Tangkapan layar video beredar di grup WA.

jatim.jpnn.com, JOMBANG - Puluhan simpatisan MSAT ditangkap lantaran menghalangi aparat kepolisian saat melakukan upaya penangkapan terhadap anak kiai Jombang, Kamis (7/7).

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto mengatakan jumlah simpatisan yang diamankan sebanyak 60 orang. Mereka diangkut menggunakan tiga truk milik kepolisian dan Satpol PP ke Mapolres Jombang untuk diperiksa.

"Di dalam masih ada yang kami periksa, memilah-milah mana yang bukan santri. Tadi sudah diangkut tiga truk," kata Dirmanto.

Dia menyebut para simpatisan itu menghalangi polisi saat masuk ke kawasan Pondok Pesantren Shiddiqiyyah Jombang. Massa tersebut juga ada yang berasal dari luar daerah.

"Ini yang menghalangi tadi dan ada sukarelawan juga dari luar daerah," ujarnya.

Siapa saja yang menghalangi upaya penangkapan MSAT akan ditindak tegas. Hal tersebut sesuai aturan hukum yang berlaku.

Saat ini, personel gabungan masih melakukan penyisiran dan penggeledahan beberapa lokasi dalam pesantren tersebut.

"Kami masih melakukan penggeledahan di beberapa gedung karena di dalam luas sekali. Gedung, kamar-kamar kami periksa semua. Mudah-mudahan waktu dekat kami bisa menemukan DPO," kata dia.

Polisi mengangkut puluhan simpatisan anak kiai di Jombang lantaran menghalangi upaya petugas saat melakukan penangkapan paksa kepada MSAT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News