Pimpinan KPK Ada Main dalam Kasus Harun Masiku, Novel Beri Penjelasan

Selasa, 24 Mei 2022 – 20:29 WIB
Pimpinan KPK Ada Main dalam Kasus Harun Masiku, Novel Beri Penjelasan - JPNN.com Jatim
Tangkapan layar podcast Novel Baswedan yang membicarakan kinerja KPK dalam penanganan kasus Harun Masiku, Selasa (24/5). Foto: YouTube/Novel Baswedan

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Novel Baswedan menyoroti sikap janggal Ketua KPK Firli Bahuri dan pimpinan komisi antirasuah lainnya dalam kasus Harun Masiku.

Dia bahkan berani menyebut bahwa ada pimpinan KPK yang tak suka bila kasus tersebut diusut tuntas.

Novel membaca gejala tersebut sedari Januari 2020 saat tim penyidik KPK melakukan OTT terhadap sang buronan kasus suap terkait dengan penetapan anggota DPR terpilih 2019-2020 itu.

"Kita perlu ingat bahwa tim KPK yang waktu OTT di lapangan itu sempat diintimidasi atau dalam tanda kutip dikerjai," kata Novel dalam sebuah podcast akunnya di YouTube, Selasa (24/5).

Dia mengungkapkan tim KPK tersebut sempat mengalami intimidasi dari oknum penegak hukum tertentu.

"Timnya KPK itu, saya mengatakan, sempat disandera, tetapi dengan cara-cara yang membuat mereka itu tidak bisa pergi ke mana-mana," ujar eks penyidik KPK tersebut.

Menurutnya, kejadian itu seharusnya menjadi masalah serius karena penegak hukum yang bekerja untuk negara justru malah diintimidasi di lapangan.

"Itu masalah serius. Namun, pimpinan KPK kayaknya diam saja. Artinya, saya memandang (mereka) tidak mendukung penanganan kasus itu," tutur Novel.

Novel Baswedan membongkar sikap aneh pimpinan KPK dalam kasus Harun Masiku yang hingga kini masih memburon.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News