Charm Bersama YKPI Edukasi SADARI Kepada Ratusan Siswi SMP & SMA

Senin, 21 Oktober 2024 – 13:37 WIB
Charm Bersama YKPI Edukasi SADARI Kepada Ratusan Siswi SMP & SMA - JPNN.com Jatim
Unicharm bersama YKPI memberikan edukasi kepada 400 siswi SMP dan SMA terkait periksa payudara sendiri. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Unicharm bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) mengadakan edukasi periksa payudara sendiri (SADARI) kepada 400 siswi dari beberapa SMP dan SMA di Jakarta pada Rabu (2/10).

Founder YKPI Linda Agum Gumelar mengatakan berbagai upaya telah dilakukan dan selama satu tahun pihaknya melakukan screening kanker payudara kepada 6.000 siswi, mahasiswi, dan guru wanita.

"Kami tidak hanya mengajarkan cara periksa payudara sendiri, tetapi menjawab pertanyaan dari para siswi dari beberapa SMP dan SMA melalui talkshow. Harapannya dapat memberi pemahaman dasar terkait kanker payudara serta tips untuk deteksi kanker payudara dini," ujar Linda tertulis, Senin (21/10).

Dokter spesialis Bedah Onkologi dr Iskandar memberikan penjelasan kepada para peserta terkait gejala kanker payudara dan cara untuk mengatasi temuan kanker payudara stadium lanjut.

"Sama halnya dengan penyakit lain, kanker payudara sangat penting untuk dideteksi secara dini. Apabila bisa dideteksi secara dini maka peluangnya tinggi untuk bisa disembuhkan," jelasnya.

Dia menjelaskan memeriksa payudara bisa dilakukan secara rutin setiap bulan pada satu minggu hingga sepuluh hari pertama setelah selesai menstruasi.

Apabila menemukan adanya perubahan sekecil apapun pada payudara ataupun rasa sakit, jangan dibiarkan dan tidak perlu ditutup-tutupi. Bisa mendiskusikannya bersama orang tua atau segera pergi ke instansi kesehatan untuk pemeriksaan.

"Terakhir, tentunya yang tidak kalah penting untuk menjaga tubuh baik dari resiko kanker payudara maupun penyakit lainnya adalah pola hidup yang sehat dengan makan makanan yang bergizi, tidur yang cukup, dan olahraga teratur akan dapat mencegah timbulnya penyakit," tuturnya.

Unicharm bersama YKPI memberikan edukasi kepada 400 siswi SMP dan SMA terkait periksa payudara sendiri.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News