Kemenkop dan UGM Berdayakan Ratusan UMKM di Indonesia untuk Naik Kelas

Rabu, 16 Oktober 2024 – 16:01 WIB
Kemenkop dan UGM Berdayakan Ratusan UMKM di Indonesia untuk Naik Kelas - JPNN.com Jatim
Pendamping pelaku UMKM saat menjelaskan terkait mitra penjualan yang ada di Mirota Surabaya, Rabu (16/10). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menggandeng Universitas Gadjah Mada (UGM) menjalankan program pemberdayaan UMKM di berbagai daerah di Indonesia.

Tim Teknis Program pendampingan Usaha Mikro Mandiri UGM Muhammad Arief Darmawan mengatakan program tersebut membantu pelaku UMKM naik kelas dengan cara meningkatkan kualitas produk dan memperluas pasarnya.

“Dengan begitu, kapasitas SDM rekan-rekan UMKM, jumlah tenaga kerja, omzet, ataupun mitra pemasaran mengalami peningkatan,” ujar Arief di Surabaya, Rabu (16/10).

Upaya peningkatan UMKM untuk naik kelas tersebut melibatkan 900 pelaku UMKM di berbagai daerah yang mengikuti pelatihan secara online dan offline.

Kemenkop dan UGM Berdayakan Ratusan UMKM di Indonesia untuk Naik Kelas

Para pelaku UMKM saat melihat produk yang dijual di mitra penjualan produk UMKM lokal yang ada di Mirota Surabaya, Rabu (16/10). Foto: Arry Saputra/JPNN.

“Ada 900 pelaku UMKM pelatihan secara online, kemudian dikurasi menjadi 400-an orang untuk mengikuti pelatihan offline dan berkunjung ke mitra-mitra,” jelasnya.

Dia menjelaskan kolaborasi yang dilakukan Kemenkop dan UGM, yaitu memberikan coaching clinic terkait permodalan, jaringan, strategi mitra, pemasaran. Setelah pelatihan diajak berkunjung ked beberapa tempat usaha atau mitra bisnis.

Kemenkop UKM dan UGM memberdayakan ratusan pelaku usaha di Indonesia untuk naik kelas dan memperluas pasar mereka.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News