Telkom University Kembangkan Aplikasi Permudah Layanan Kependudukan Desa Panjunan

Senin, 30 September 2024 – 15:33 WIB
Telkom University Kembangkan Aplikasi Permudah Layanan Kependudukan Desa Panjunan - JPNN.com Jatim
Tim Telkom University saat memberikan pelatihan khusus kepada perangkat desa terkait penggunaan dan pemeliharaan aplikasi administrasi. Foto: Dok. Telkom University.

jatim.jpnn.com, GRESIK - Telkom University Surabaya menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat lewat program pengabdian masyarakat di Desa Panjunan, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik.

Program yang berlangsung sejak 12 Februari hingga 27 September 2024 itu bertujuan meningkatkan sistem layanan administrasi desa dan memfasilitasi monitoring UMKM serta pengaduan masyarakat.

Program itu dipimpim Achmad Muzakki S.Kom., M.Kom., dan Muhammad Dwi Hariyanto, S.Kom. Mereka bekerja sama dengan Kepala Desa Panjunan Aji Setiawan S.Sos., serta perangkat desa setempat dalam menjalankan program tersebut.

Adapun fokus yang dilakukan, yaitu terhadap perbaikan sistem administrasi desa yang sebelumnya masih berbasis manual dan menggunakan Excel kerap menimbulkan kesulitan memonitoring data secara real-time.

"Proses administrasi seperti pindah masuk, pindah keluar, kelahiran, dan kematian masih bergantung pada laporan manual dari warga. Hal ini memperlambat proses dan mengharuskan warga melapor ke RT, RW, Desa, hingga kecamatan," kata Achmad Muzakki.

Dia menjelaskan timnya awalnya melakukan survei lapangan pada 28 Mei 2024 untuk memahami proses administrasi dan mewawancarai warga sekitar.

Hasil dari survei tersebut dijadikan dasar untuk mengembangkan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak (SKPL) yang dipresentasikan dalam focus group discussion (FGD) pada 17 Juni 2024.

Setelah dianalisis, tim telkom University mengembang aplikasi administrasi berbasis website menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP), database MySQL, dan framework Laravel.

Telkom University mengembangkan aplikasi administrasi untuk mempermudah layanan kependudukan di Desa Panjunan, Gresik.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News