KA Pandalungan Tabrakan dengan Truk di Probolinggo, Kru Kereta Terluka

Selasa, 01 Oktober 2024 – 21:20 WIB
KA Pandalungan Tabrakan dengan Truk di Probolinggo, Kru Kereta Terluka - JPNN.com Jatim
Lokomotif KA Pandalungan mengalami kerusakan akibat tertabrak truk di JPL No. 172 kilometer 89+600 antara Stasiun Grati-Bayeman, Kabupaten Probolinggo, Selasa (1/10). (ANTARA/HO-Humas KAI Daop Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - KA Pandalungan relasi Stasiun Gambir-Jember tabrakan dengan truk di jalur perlintasan langsung (JPL) Nomor 172 KM 89+600 antara Stasiun Grati-Bayeman, Kabupaten Probolinggo, Selasa (1/10).

Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro mengatakan insiden kecelakaan kereta vs truk tersebut membuat perjalanan KA terganggu dan kru kereta mengalami luka-luka.

“Truk menemper KA Pandalungan dari Jakarta menuju Jember pukul 08.50 WIB sehingga perjalanannya terganggu akibat insiden di Probolinggo tersebut,” kata Cahyo.

Insiden tersebut menyebabkan lokomotif KA Pandalungan seri CC 2039508 mengalami kerusakan dan tidak bisa melanjutkan perjalanan menuju ke stasiun tujuan akhir di Jember.

"Selain menyebabkan lokomotif mengalami kerusakan, insiden itu juga menyebabkan masinis, asisten masinis dan satu petugas KAI yang turut jalan di lokomotif mengalami cedera," ujarnya.

Adapun petugas yang cedera sudah ditangani paramedis di lokasi dan dibawa menuju klinik terdekat untuk dirawat. KAI juga mengirimkan lokomotif penolong untuk menggantikan lokomotif CC 2039508 yang mengalami kerusakan.

"Alhamdulillah semua penumpang dalam kondisi selamat dan tidak ada yang mengalami cedera. Pihaknya meminta maaf kepada para penumpang karena insiden itu menyebabkan perjalanan kereta terganggu," ucapnya.

Cahyo menjelaskan keselamatan selalu menjadi prioritas dalam setiap operasional kereta api dan pelanggaran di perlintasan sebidang tidak hanya membahayakan nyawa, tetapi dapat menimbulkan kerugian baik bagi masyarakat maupun pihak KAI.

Kecelakaan KA Pandalungan di JPL antara Stasiun Grati-Bayeman, Kabupaten Probolinggo menyebabkan kru terluka dan kereta terlambat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News