Indosat Berdayakan Sektor Perbankan & Keuangan Indonesia Melalui AI Berdaulat

Senin, 09 September 2024 – 13:35 WIB
Indosat Berdayakan Sektor Perbankan & Keuangan Indonesia Melalui AI Berdaulat - JPNN.com Jatim
Direktur Utama dan Indosat Ooredoo Hutchison CEO Vikram Sinha saat pemaparan dalam acara Banking AI Day di Jakarta, Senin (9/9). Foto: Dok. IOH.

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menunjukkan komitmennya mendukung AI yang berdaulat di Indonesia dengan mempersembahkan Banking AI Day.

Banking IA Day adalah sebuah forum pelopor yang dirancang membentuk masa depan perbankan dan layanan keuangan di Indonesia lewat kekuatan transformatif kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Direktur Utama dan CEO IOH Vikram Sinha mengatakan acara tersebut bertujuan untuk menginspirasi, melibatkan, mendorong inovasi, dan memposisikan Indonesia sebagai pemain utama dalam komunitas AI global.

"Banking AI Day berfungsi sebagai platform dinamis. Para pemimpin mulai dari pemerintahan, pemangku kepentingan industri, dan pembuat regulasi berkumpul menjelajahi potensi besar AI dalam merevolusi sektor perbankan," ujar Vikram tertulis, Senin (9/9).

Menurutnya, dengan AI di genggaman, pihaknya yakin dapat membuka peluang tanpa batas, menuju pencapaian Indonesia Emas 2045.

Peran Indosat, kata dia, tak hanya sebatas pada acara Banking AI Day. Namun, melalui ekosistem teknologi komprehensif, termasuk pusat data canggih oleh BDx Indonesia yang memiliki total kapasitas IT 150MW+ di sepuluh fasilitas kolokasi netral operator di Tanah Air.

"Kami sangat bangga memimpin upaya membawa kedaulatan AI ke Indonesia, mengarahkan bangsa ini menuju kemandirian dalam ranah digital dan teknologi," katanya.

Selain itu, akan menghadirkan pabrik AI (AI Factory) ke dalam ekosistem ini melalui GPU Merdeka yang didukung NVIDIA, sebagai cloud IA berdaulat terdepan dan berbagai inisiatif berbasis IA lainnya.

Banking AI Day, sebuah forum pelopor yang dirancang untuk membentuk masa depan perbankan dan layanan keuangan di Indonesia melalui kecerdasan buatan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News