Antisipasi Gagal Ginjal Pada Anak, Wali Kota Eri Masifkan Pengawasan di Sekolah

Senin, 12 Agustus 2024 – 19:05 WIB
Antisipasi Gagal Ginjal Pada Anak, Wali Kota Eri Masifkan Pengawasan di Sekolah - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bakal mencegah siswa membeli jajanan di luar lingkungan sekolah yang tidak bisa dipastikan keamanan dan kesehatannya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bakal mencegah siswa membeli jajanan di luar lingkungan sekolah yang tidak bisa dipastikan keamanan dan kesehatannya.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kasus gagal ginjal pada anak. Dia bakal memperketat pengawasan makanan yang dikonsumsi siswa-siswi di sekolah.

“Makanya salah satunya sekolah itu gerbangnya saya tutup sehingga makanan dan minuman yang ada di kantin harus dijaga gizinya," kata Eri, Senin (12/8).

Eri juga meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan langkah masif untuk memeriksa makanan dan minuman yang dijual pedagang kaki lima (PKL) di sekitar lingkungan sekolah.

"Semuanya ya, kami masifkan pengecekan itu (pengecekan makanan yang dijual di sekolah). Semoga itu bisa mencegah gagal ginjal terhadap anak di Kota Surabaya," ujarnya.

Sampai saat ini, kata Eri tidak ada kasus gagal ginjal anak di Surabaya.

“Belum ada (kasus gagal ginjal di Kota Surabaya) mudah-mudahan tidak ada ya," jelasnya.

Mantan Kepala Bappeko Surabaya itu menjelaskan gagal ginjal terjadi lantaran makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia berlebihan, terutama yang mengandung gula terlalu banyak.

Wali Kota Eri memperketat pengawasan jajanan yang ada di sekolah dengan memperhatikan kandungan gizinya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News