Pentingnya Upaya Pencegahan Kekerasan Anak di Dunia Digital

Jumat, 02 Agustus 2024 – 12:37 WIB
Pentingnya Upaya Pencegahan Kekerasan Anak di Dunia Digital - JPNN.com Jatim
Puluhan pelajar dari berbagai sekolah di Surabaya mengkampanyekan penncegahan dan antisipasi Online Child Sexual Exploitation and Abuse (OCSEA) atau eksploitasi dan kekerasan seksual anak di ranah daring, Kamis (1/8). Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Puluhan pelajar dari berbagai sekolah di Surabaya mengampanyekan pencegahan dan antisipasi Online Child Sexual Exploitation and Abuse (OCSEA) atau eksploitasi dan kekerasan seksual anak di ranah daring, Kamis (1/8).

Bertempat di SMP Santa Maria Surabaya, para pelajar itu menjelaskan upaya mereka dalam mensosialisasikan OCSEA kepada teman-temanya. Kegiatan itu juga didukung oleh United Nation Childern’s (UNICEF).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-P2KB) Surabaya Ida Widayati menyampaikan upaya pencegahan OCSEA rutin dilakukan oleh Pemkot Surabaya, seperti sosialisasi dinamika remaja yang menyasar SD dan SMP negeri maupun swasta di Kota Pahlawan hingga ke pesantren.

“Materinya adalah pencegahan bullying hingga pencegahan OCSEA. Hasilnya pun terlihat, anak-anak mulai paham,” kata Ida.

Dia mengatakan sosialisasi ini akan terus dilakukan. Dikemas dengan bermain sambil belajar agar lebih menarik dan mudah diingat.

“Ini menjadi salah satu ide yang bisa kita tiru untuk di aplikasikan di sekolah yang lain,” kata Ida

Ida menjelaskan saat pelaksanaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), DP3A-P2KB berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya memberikan edukasi tentang parenting kepada wali murid.

“Tidak hanya pengasuhan, tetapi memberikan pendampingan kepada anak-anak agar bisa menggunakan gadget dengan baik. Harus ada monitoring dari orang tua,” jelasnya.

Pelajar Surabaya kampanyekan pencegahan kekerasan di dunia digital
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News