Ubaya Edukasi Energi Terbarukan SMP Adiwiyata dengan Merakit Mobil Listrik

Rabu, 31 Juli 2024 – 17:31 WIB
Ubaya Edukasi Energi Terbarukan SMP Adiwiyata dengan Merakit Mobil Listrik - JPNN.com Jatim
Siswa SMP Adiwiyata saat merakit mobil listrik tenaga surya oleh PuSLeT Ubaya, Rabu (30/7). Foto: Humas Ubaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Universitas Surabaya (Ubaya) melalui Pusat Studi Lingkungan dan Energi Terbarukan (PuSLET) menggelar edukasi energi terbarukan untuk 40 sekolah Adiwiyata tingkat SMP di Kota Pahlawan.

Salah satu kegiatannya merakit mobil listrik tenaga surya skala kecil di Gedung Serbaguna Fakultas Teknobiologi, Kampus Ubaya Tenggilis, Rabu (31/7).

Kegiatan itu merupakan kolaborasi Ubaya dengan Kedutaan Republik Ceko dan Pemerintah Kota Surabaya sebagai pelaksanaan Project Empowering Indonesian Schools with Renewable Energy Demonstration: A SSP Project with Czech Innovation.

Ubaya mendapatkan hibah dari pemerintah untuk pengembangan energi terbarukan yang disinergikan dengan small grant dari Republik Ceko yang mendukung aktivitas di negara berkembang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

Ketua PuSLET Ubaya Prof. Elieser Tarigan, Ph.D., mengatakan saat ini Indonesia berada pada fase peralihan ke energi terbarukan sehingga pemberian edukasi sejak dini kepada siswa SMP perlu dilakukan.

Selain itu, banyak SMP di Surabaya yang sudah mendapat predikat Adiwiyata.

“Anak muda, khususnya siswa SMP punya rasa ingin tahu tinggi. Jadi, perlu diberikan pengetahuan dan pengalaman soal energi terbarukan agar saat bekerja di industri terbiasa peduli lingkungan,” tuturnya.

Pada pelatihan itu, guru dan siswa diberikan materi mengenai teori energi terbarukan. Tim PuSLET Ubaya yang terdiri dari dosen, karyawan, dan mahasiswa yang tergabung dalam kelompok D’Young Green Ubaya mendemonstrasikan penggunaan kit energi terbarukan. 

Ubaya memberikan edukasi energi terbarukan kepada 40 SMP Adiwiyata dengan merakit mobil listrik tenaga surya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News