BNPT Bakal jadi Bagian Pengamanan HUT Ke-79 RI di IKN

Jumat, 26 Juli 2024 – 21:30 WIB
BNPT Bakal jadi Bagian Pengamanan HUT Ke-79 RI di IKN - JPNN.com Jatim
BNPT akan terlibat dalam serangkaian pengamanan HUT ke-79 RI di IKN. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bakal terlibat dalam serangkaian kegiatan pengamanan HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara.

Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Mayjen TNI Roedy Widodo mengatakan keterlibatan itu sebagai bentuk tanggung jawab untuk melaksanakan perintah undang-undang.

"Maka, BNPT hadir dalam penyelenggaraan Event berkelas International maupun Nasional Seperti Peringatan HUT Ke-79 RI Tahun 2024 yang diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara Pada 17 Agustus 2024," ujar Roedy dikutip, Jumat (26/7).

Roedy mengatakan jika peran BNPT sebagai Lembaga koordinator dalam urusan penanggulangan tindak pidana terorisme di Indonesia sangat vital sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang No.5 Tahun 2018.

Dalam hal ini, kata dia, BNPT diberi mandat untuk melaksanakan asesmen terhadap sistem pengamanan di berbagai fasilitas publik maupun objek vital yang mendukung kegiatan perayaan HUT Ke-79 RI.

BNPT telah melaksanakan serangkaian kegiatan Sosialisasi dan Asesmen sistem pengamanan sarana prasarana Objek Vital maupun fasilitas publik dalam menyokong keberhasilan perayaan tahunan Bangsa Indonesia tersebut terhitung mulai Juni 2024 lalu.

"BNPT telah melaksanakan Sosialisasi dan Asesmen sistem pengamanan Objek Vital dan Fasilitas Publik sesuai dengan Perban BNPT No. 3 Tahun 2020 tentang Pedoman Perlindungan Sarana dan Prasarana Objek Vital yang strategis dan fasilitas publik dalam pencegahan tindak pidana terorisme. Kami juga akan melakukan kegiatan intelijen baik di wilayah pelaksanaan maupun wilayah penyanggah Ibu Kota Nusantara," jelasnya.

Eks Kepala Biro Perencanaan, Hukum dan Humas BNPT ini merinci asesmen yang dilakukan oleh BNPT meliputi beberapa Objek Vital seperti Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur; Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda, Kalimantan Timut; Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit V Balikpapan, Kalimantan Timur; PLTU Asam Asam Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan dan sejumlah fasilitas penginapan publik (Hotel) di Balikpapan dan Samarinda.

BPNT bakal menjadi bagian dalam pengamanan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara atau IKN.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News