Mengenal Tes Gemonic, Satu Kali Swab Hasilkan 360 Laporan Medis

Jumat, 26 Juli 2024 – 14:09 WIB
Mengenal Tes Gemonic, Satu Kali Swab Hasilkan 360 Laporan Medis - JPNN.com Jatim
Mengenal Tes Gemonic, cukup swab bisa hasilkan 360 laporan, mulai kesehatan hingga sifat. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tes gemonic kini mulai diminati masyarakat karena menggunakan proses analisis DNA untuk mengidentifikasi variasi genetic. Tes tersebut kini hadir di National Hospital Surabaya.

Tes Genomic yang dilakukan hanya dengan swab itu bisa menghasilkan 360 laporan. Mulai dari kesehatan risiko penyakit di kemudian hari, bakat seseorang, sifat, pola diet yang cocok, olahraga sesuai dengan genetik pasien, hingga kondisi kesehatan mental.

Spesialis gizi klini, dr Christina Rusli SpGK menyampaikan 360 laporan itu diklasifikasikan menjadi 19 kategori.

Belasan kategori itu antara lain, Integumentary System, Skeletal System, Nervous System, Visual System, Lymphoid System & Immunity, Respiratory System, Female Reproductive System, Sport Genomics, Behavioral Genetics, Personality.

Kemudian, Cognitive Hereditary, Nutrition, Circulation System, Diet, Digestive, Endocrine System, Urinary, Mental Health Condition, dan Male Reproductive System.

“Dari tes genomic ini, pasien akan memahami bagaimana gen memengaruhi pemilihan nutrisi dan kebugaran melalui nutrigenomik dan sportgenomik,” kata dr Christina, Kamis (25/7).

Dia menjelaskan tes genomic ini tidak ada batasan usia. Sebelum tes, pasien diminta puasa makan dan minum, kecuali air putih 60 menit sebelum melakukan tes 360 DNA.

"Tingkat akurasi hasil pemeriksaan DNA lebih dari 98,5 persen," jelasnya.

National Hospital memiliki layanan tes gemonic yang menghasilkan 360 laporan medis, begini cara kerjanya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News