Mengenal USG Fetomaternal AI Pertama di Jatim untuk Deteksi Dini Kelainan Janin

Senin, 15 Juli 2024 – 14:08 WIB
Mengenal USG Fetomaternal AI Pertama di Jatim untuk Deteksi Dini Kelainan Janin    - JPNN.com Jatim
Dokter National Hospital Surabaya Dr. Fransiscus Octavius Hari Prasetyadi, SpOG Subspes KFM saat menjelaskan keunggulan USG Fatomaternal. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Teknologi Artificial Intelligence (AI) pada 2024 berkembang sangat pesat dan dibutuhkan pada beberapa sektor. Salah satunya, digunakan untuk pemeriksaan kehamilan.

National Hospital Surabaya kini melayani USG Fetomaternal dengan AI. Layanan ini merupakan yang pertama di Jawa Timur.

Dokter National Hospital Surabaya Dr Fransiscus Octavius Hari Prasetyadi, SpOG Subspes KFM menjelaskan USG Fetomaternal dibutuhkan pasien untuk melihat dan meninjau perkembangan dari janin yang lebih akurat dan detail.

“USG Fetomaternal meliputi pemeriksaan kelainan genetic, masalah pembentukan organ, kelahiran prematur, hingga risiko keguguran,” kata Fransiscus, Senin (15/7).

Dia menjelaskan waktu yang tepat untuk melakukan USG Fetomaternal pada trimester pertama antara usia 11-13 minggu. Kemudian pada usia kehamilan lima bulan, yakni 20-34 minggu.

“USG Fetomaternal sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, tetapi kalau bicara screening atau upaya mendeteksi ada masalah atau tidak, baiknya di dua periode tersebut,” ujarnya.

Dia menjelaskan USG Fetomaternal National Hospital dilengkapi dengan perangkat USG Voluson Expert 22. Di dalam USG Voluson Expert 22 ditunjang dengan tiga teknologi.

“Teknologi pertama, yakni beamformer berbasis grafis dengan opsi pengguna yang bisa disesuaikan dan alat klinis yang didukung artificial intelligence yang membantu menjamin peningkatan konsistensi dalam pemeriksaan dokter,” katanya.

National Hospital punya layanan USG Fetomaternal AI pertama di Jawa Timur, ini keunggulanny
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News