KIP Foundation Gelar Festival Wisata Desa di Lumajang Tuk Bangkitkan Pariwisata

Sabtu, 13 Juli 2024 – 21:00 WIB
KIP Foundation Gelar Festival Wisata Desa di Lumajang Tuk Bangkitkan Pariwisata - JPNN.com Jatim
Festival Desa Wisata di Lumajang untuk membangkitkan pariwisata di wilayah setempat. Foto: Dok. KIP Foundation.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - KIP Foundation mengumumkan penyelenggaraan Festival Wisata Desa Jawa Timur 2024 yang akan berlangsung pada 16-17 Juli 2024 di Desa Wisata Tumpak Selo, Petahunan, Lumajang.

Festival itu bertujuan membangkitkan sektor pariwisata desa dan mendorong pengembangan ekonomi kreatif berbasis desa wisata di Jatim.

Festival Wisata Desa Jawa Timur 2024 merupakan bagian dari program pengembangan desa wisata yang dirancang untuk meningkatkan kualitas destinasi wisata, memperbanyak atraksi, event-event menarik, dan menampilkan inovasi serta kreativitas untuk meningkatkan daya saing desa wisata.

Founder Akademi Desa Wisata Dwi Ariady Kusuma mengatakan festival itu juga implementasi dari program akademi wisata (Demi Dewi) yang bertujuan mengembangkan kapasitas manajerial, strategi branding dan kreativitas produk wisata desa.

"Festival ini adalah wujud nyata kolaborasi untuk memajukan desa wisata dan ekonomi kreatif. Kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak desa untuk berinovasi dan memanfaatkan potensi lokal," ujar Dwi, Sabtu (13/7).

Menurutnya, kolaborasi dan inovasi sangat penting dalam mengembangkan pariwisata desa akan menjadi fokus utama festival tersebut. Harapannya setiap desa dapat meningkatkan daya saingnya.

Acara tersebut akan dihadiri sejumlah tokoh penting seperti Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, Kadis Kebudayaan & Pariwisata Jatim Evy Afianasari, Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni, dan Kadis PMD Jatim Budi Sarwoto.

"Para tokoh ini akan memberikan dukungan dan arahan untuk kemajuan pariwisata desa di Jawa Timur," kata dia.

Festival Desa Wisata membangkitkan sektor pariwisata desa dan mendorong pengembangan ekonomi kreatif berbasis desa wisata di Jatim.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News