Susur Kalimas, DLH Surabaya Temui Warga Buang Limbah Rumen ke Sungai

Senin, 17 Juni 2024 – 19:07 WIB
Susur Kalimas, DLH Surabaya Temui Warga Buang Limbah Rumen ke Sungai    - JPNN.com Jatim
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya melakukan pengawasan pembuangan limbah rumen atau kotoran hewan kurban dengan cara susur sungai di sepanjang Kalimas, Senin (17/6). Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya melakukan pengawasan terhadap pembuangan limbah rumen atau kotoran hewan kurban dengan cara menyusuri sungai Kalimas, Senin (17/6).

Giat pengawasan itu menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Nomor 600.4/ 17055/ 436.7.10/2024 tentang Sosialisasi Penyembelihan Hewan Kurban.

Giat pengawasan susur sungai dilakukan mulai pukul 10.45 WIB, dari Dermaga Kalimas Ngagel Surabaya.

Kepala DLH Surabaya Dedik Irianto mengungkapkan hasil giat susur sungai kali ini menemukan beberapa titik lokasi warga yang mencuci daging hewan kurban di Sungai Kalimas.

Melihat hal itu, pihaknya memberikan imbauan agar warga tidak turut membuang kotoran dan limbah rumen ke sungai.

"Memang ada kegiatan-kegiatan masyarakat yang mencuci jeroan sapi hasil penyembelihan kurban. Kami lihat masyarakat ada yang patuh. Jadi, kotorannya ditaruh di glangsing, dibuang ke TPS, kemudian di sungai mencuci sisa-sisa kotoran," ungkap dia.

Walakin, di antara beberapa warga tersebut, masih saja ada yang turut membuang kotoran hewan kurban ke sungai. Petugas pun kembali mengingatkan mereka agar memisahkan kotoran hewan kurban dan ditaruh ke dalam glangsing.

"Di Sungai (Kalimas) Ngagel, kurang lebih ada sembilan titik yang kami temui. Tadi ada satu yang pada saat kami sidak itu mereka pas buang, tetapi memang kayaknya itu babat, bukan isi perut, mereka pas cuci kotorannya juga ada di situ sekalian dibuang," katanya.

Susur Sungai Kalimas, DLH Surabaya masih temui warga buang limbah atau rumen hewan kurban
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News