JCH Usia 109 Tahun Asal Ponorogo Beber Resep Tetap Bugar Saat Beribadah Haji

Rabu, 15 Mei 2024 – 17:37 WIB
JCH Usia 109 Tahun Asal Ponorogo Beber Resep Tetap Bugar Saat Beribadah Haji - JPNN.com Jatim
Jemaah calon haji (JCH) tertua berumur 109 tahun asal Ponorogo Hardjo Mislan tiba di Asrama Haji Embakasi Surabaya, Rabu (15/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Foto: PPIH Embarkasi Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Jemaah calon haji (JCH) tertua berusia 109 tahun asal Ponorogo Hardjo Mislan tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Rabu (15/5) sekitar pukul 08.00 WIB.

Mislan datang bersama anaknya Sirmad, menantu, dan besannya yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 19. Mereka dijadwalkan berangkat ke tanah suci pada Kamis (16/5) pukul 06.30 WIB.

Mislan yang merupakan seorang veteran dari sipil itu menceritakan keinginannya menunaikan ibadah haji setelah dirinya berangkat umrah pada tahun 2017.

“Saat itu 2017, saya pertama kali melihat Ka’bah ketika umrah,” kata Mislan.

Kemudian dua tahun setelah umrah, Mislan memutuskan untuk mendaftar haji pada tahun 2019. Saat itu usianya menginjak 104 tahun.

“Ketika saya sampai di rumah sepulang umrah, saya mantapkan niat untuk mendaftar haji,” tutur pria kelahiran 2 Juli 1914 itu.

Keinginan itu segera dia sampaikan kepada anaknya. Lalu, Mislan mendaftar haji Kantor Kemenag Kabupaten Ponorogo.

Tak perlu menunggu waktu lama, selang lima tahun sejak pertama kali mendaftar, dia masuk dalam daftar salah satu yang bakal berangkat menunaikan rukun islam ke-5 tersebut.

Mengintip kesiapan CJH tertua di Embarkasi Surabaya asal Ponorogo sebelum pergi ke tanah suci Mekkah
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News