Dubes India Bicarakan Hubungan Kedekatan Negaranya dengan Indonesia

Senin, 29 April 2024 – 19:27 WIB
Dubes India Bicarakan Hubungan Kedekatan Negaranya dengan Indonesia  - JPNN.com Jatim
Duta Besar India Sandeep Chakravarti berbicara banyak terkait kemitraan India dan Indonesia dalam podcast SURPRISE TRUTHS. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Duta Besar India Sandeep Chakravarti berbicara banyak terkait kemitraan India dan Indonesia dalam podcast SURPRISE TRUTHS.

Dia membahas secara khusus tentang beberapa hal, seperti hubungan historis antara kedua negara karena India dan Indonesia bertetangga. Jaraknya 19 mil laut dari bagian paling barat Indonesia ke Kepulauan Andaman, meskipun bukan bagian dari ASEAN.

“Saya fikir ada banyak faktor dalam sejarah masa lalu yang menghubungkan India dan Indonesia”, kata Sandeep dikutip, Senin (29/4).

Dia menyampaikan terdapat perekonomian yang sangat besar di antara kedua negara yang berpotensi menjadi penggerak perekonomian dunia, salah satunya pembangkit tenaga listrik yang berada tepat di sebelah Indonesia.

"Kedua negara akan mendapatkan manfaat lebih besar, jika kita makin terintegrasi dan bekerja sama, perekonomian kita, kemajuan masyarakat kita," ucapnya.

Menurutnya, hampir seluruh negara ASEAN yang dikunjungi, seperti Jepang, Korea, China, hanya Indonesia yang selalu memberikan beragam kejutan hingga disebut negara yang menakjubkan.

Indonesia, kata dia, memiliki faris pantai di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik dan punya peta geografi yang luas sehingga menjadi satu-satunya negara Indo-Pasifik yang sebenarnya.

“Ini (Indonesia) adalah negara kepulauan. Politik, geografi, dan dinamika negara kepulauan sangat berbeda dengan negara yang merupakan daratan. Jadi, setiap hari orang harus belajar hal-hal baru tentang Indonesia." ujarnya.

Dubes India Sandeep Chakravarti menyebut Indonesia adalah negara yang menakjubkan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News