Dubes India Soroti Pemilu 2024 di Indonesia: Momen Tentukan Nasib Bangsa

Selasa, 13 Februari 2024 – 21:21 WIB
Dubes India Soroti Pemilu 2024 di Indonesia: Momen Tentukan Nasib Bangsa - JPNN.com Jatim
Duta Besar India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty saat zoom dengan para jurnalis di Surabaya membahas demokrasi di Indonesia. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Duta Besar India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty menyampaikan selamat kepada masyarakat di Tanah Air yang akan menyambut Pemilu 2024.

Sandeep menilai selama 25 tahun terakhir, Indonesia membuktikan kepada rakyatnya dan dunia bahwa sistem demokrasi dalam peralihan kekuasaan berlangsung damai.

Tahun ini, kata dia, adalah tahun istimewa bagi masyarakat Indonesia untuk menentukan sejarah dan nasib suatu bangsa.

“Indonesia dan India membuktikan bagi masyarakat majemuk dan beragam, jalur demokrasi adalah satu- satunya jalan nyata menuju pembangunan inklusif dan berkelanjutan,” kata Sandeep via Zoom, Senin (12/2).

Menurutnya, debat capres-cawapres yang telah berlangsung beberapa waktu lalu menjadi perdebatan kelas atas dalam komunikasi publik dan debat sipil.

“Itu ciri-ciri negara demokrasi yang sudah matang, bahkan lebih mengesankan lagi di negara demokrasi yang masih muda seperti Indonesia. Hebatnya, kaum muda menjadi partisipan aktif dalam pemilu,” ujarnya.

Selain itu, masing-masing paslon menggunakan media sosial sebagai komunikasi kreatif kepada masyarakat untuk mendapatkan dukungan.

Hal itu dinilai sebagai pemanfaatan bonus demografi karena generasi muda sadar bahwa politik saat ini akan memainkan peran penting dalam menentukan masa depan mereka.

Dubes India untuk Indonesia Sandeep Chakravatory menilai Pemilu 2024 sebagai momen menentukan nasib bangsa.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News