Selama 5 Tahun Rumah Sakit Terapung Unair Berlayar ke 86 Pulau di Indonesia

Selasa, 14 Februari 2023 – 22:02 WIB
Selama 5 Tahun Rumah Sakit Terapung Unair Berlayar ke 86 Pulau di Indonesia  - JPNN.com Jatim
Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) FK Unair. Foto: Humas Unair.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) telah berlayar ke 86 pulau yang ada di Indonesia selama lima tahun mereka berdiri.

“Selama lima tahun berdiri RSTKA telah mengunjungi 86 pulau, melakukan 1.621 operasi bedah umum, dan sudah berkolaborasi dengan 2.200 sukarelawan,” kata Direktur RSTKA Dr. Agus Harianto.

RSTKA selama ini memang fokus membantu menyelesaikan masalah kesehatan, khususnya di daerah terpencil, tertinggal, dan terluar.

Menurutnya, angka itu merupakan bentuk jerih payah sukarelawan yang bahu-membahu memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat kepulauan dengan semangat cinta dan ungkapan rendah hati.

“Program ini sangat seksi, kami bekerja berdasar panggilan dari pulau ke pulau dan ini yang menjadi titik keseruannya,” tuturnya.

Di usianya yang ke-5 tahun, RSTKA menggagas sepuluh usulan aspek pelayanan kesehatan daerah terpencil yang menjadi kolegium ilmu Kedokteran Petualangan dan Daerah Terpencil.

Adapun sepuluh usulan itu adalah keterpanggilan dengan kekuatan karakter pengabdian, kemampuan berkomunikasi, dan bekerja sama.

Kemudian, kemampuan menjangkau daerah yang sulit dijangkau, kemampuan bertahan hidup, ketajaman klinis, pembekalan ilmu kesehatan masyarakat, menghadirkan perubahan multidisiplin berbasis riset dan inovasi.

Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga atau RSTKA FK Unair teah berlayar selama 5 tahun mengunjungi sebanyak 86 pulau di Indonesia.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News