Selama Libur Lebaran 2024, IGD RSU dr Soetomo Layani 1.195 Pasien

Kamis, 18 April 2024 – 23:15 WIB
Selama Libur Lebaran 2024, IGD RSU dr Soetomo Layani 1.195 Pasien - JPNN.com Jatim
RSU dr Soetomo Surabaya. Foto: Antara/Hanif Nasrullah

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rumah Sakit Umum (RSU) dr Soetomo Surabaya mencatat selama siaga lebaran pada 6-15 April 2024 sudah melayani 1.195 pasien yang dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Kepala IGD RSU dr Soetomo dr Hardian Basuki mengatakan peningkatan pasien terjadi di atas tanggal 11, yakni terjadi kunjungan yang sangat signifikan di atas 120 pasien setiap harinya.

“Terendah di tanggal 10, ada 97 pasien. Namun, rata-rata setelahnya meningkat di atas 120 pasien. Total kunjungan selama lebaran 1.195 pasien yang ke IGD,” kata Hardian saat konferensi pers.

Dia memerinci 1.195 pasien itu 411 pasien di anataranya merupakan rujukan dari rumah sakit, 112 pasien diantar oleh Tim Gerak Cepat (TGC), 31 pasien dari tim PMI, 665 pasien merupakan pasien yang datang sendiri tanpa ada komunikasi sebelumnya.

“Kemudian, ada 24 pasien lebih yang seharusnya berobat ke poli klinik karena tutup dia ke IGD. Pada kondisi tertentu yang tidak bisa dirawat jalan akhirnya dirawatinapkan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan dari ribuan pasien yang dirujuk ke IGD RSU dr Seotomo, 151 pasien atau 12,6 persen butuh operasi emergency.

“Terbanyak dari bedah umum dengan kelainan pada perut. Misalnya, infeksi perut, usus buntu. Ada pasien bedah saraf, cedera kepala yang biasanya akibat kecelakaan, pasien ortopedi karena patah tulang, pasien kandungan, kemudian pasien bedah anak cukup banyak. Jadi, pasien-pasien yang kelainan bisa karena nyeri di perut atau hal lain,” tuturnya.

Selama lebaran, kata Hardian, RSU dr Soetomo tidak menerima pasien dengan gejala Flu Singapura.

RSU dr Soetomo layani ribuan pasien saat siaga Lebaran 2024, 154 di antaranya dilakukan operasi emergency
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News