Pertama di Jatim, RSU dr Seotomo Operasi Pasang Alat Pacu Jantung Tanpa Kabel

Minggu, 24 Maret 2024 – 10:55 WIB
Pertama di Jatim, RSU dr Seotomo Operasi Pasang Alat Pacu Jantung Tanpa Kabel - JPNN.com Jatim
RSU Soetomo melakukan operasi pasang alat pacemaker jantung permanen tanpa kabel. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pusat Pelayanan Jantung Terpadu (PPJT) RSU dr Soetomo Surabaya sukses melakukan operasi pemasangan alat pacemaker permanen tanpa kabel (leadless pacemaker).

Kepala PPJT Dr dr Budi Baktijasa SpJP Subsp.Arr (K) mengatakan keberhasilan itu menempatkan Surabaya menjadi kota pertama di Jatim yang menggunakan alat pacemaker tanpa kabel.

Dia menjelaskan alat pacemaker membantu tubuh manusia memacu jantung saat keadaan berdetak tidak teratur, lebih lambat dari seharusnya.

"Gangguan irama jantung membuat tubuh tidak memperoleh darah yang cukup sehingga mengakibatkan kelelahan, mudah pingsan, atau berkunang-kunang, bernapas pendek, kerusakan organ yang vital dan akhirnya dapat menuju kematian," jelas Budi, Sabtu (23/3).

Kepala Divisi Aritmia dan Pacemaker dr Rerdin Julario SpJP Subsp.Arr (K) menyebut kemajuan teknologi memungkinkan penemuan-penemuan baru yang memudahkan kebutuhan hidup manusia, salah satunya alat pacemaker permanen tanpa kabel.

Pemasangan alat pacu jantung terbaru itu akan memberikan kemudahan dan kenyamanan. Sebab, pasien tak lagi mengenakan kabel dalam pembuluh darahnya.

"Sebelumnya, pemasangan alat pacemaker konvensional dimasukkan di bawah kulit, lalu kabelnya dimasukkan ke dalam pembuluh darah vena dan itu berisiko. Sekarang alat baru ini membuat pelayanan makin baik dan patient safety," tuturnya.

Rerdin mengatakan ukuran dari alat pacemaker permanen juga makin kecil dan tingkat tanpa kabel sehingga dapat dipasang dalam jantung tanpa harus melalui kompleksitas kabel yang tertanam dalam tubuh.

RSU dr Soetomo Surabaya melakukan operasi alat pacemaker atau alat pacu jantung tanpa kabel pertama di Jatim.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News