Petugas Temukan Produk Tak Layak Edar Saat Sidak Pusat Perbelanjaan di Jombang

Sabtu, 06 April 2024 – 16:11 WIB
Petugas Temukan Produk Tak Layak Edar Saat Sidak Pusat Perbelanjaan di Jombang - JPNN.com Jatim
Petugas memeriksa kelaikan produk saat sidak di pusat perbelanjaan wilayah Jombang, Jawa Timur, Jumat (5/4). ANTARA/HO-Pemkab Jombang.

jatim.jpnn.com, JOMBANG - Pemerintah Kabupaten Jombang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pusat perbelanjaan di wilayah setempat pada Jumat (5/3). Dalam sidak tersebut petugas menemukan produk tak layak edar karena izin yang kurang.

Pj Bupati Jombang Sugiat mengatakan sidak tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memberikan perlindungan kepada konsumen terhadap produk yang dibeli.

"Tadi ada beberapa produk yang masa kedaluwarsanya, label halal, izinnya, BPOM-nya tidak terpenuhi. Kami minta syarat itu dipenuhi," kata Sugiat.

Sugiat menyebut sidak itu juga dilakukan guna memastikan stok barang kebutuhan masyarakat yang ada di lapangan cukup untuk masyarakat. Terlebih, mendekati Hari Raya Idulfitri 2024, permintaan barang meningkat dibanding hari biasanya.

Pihaknya juga sudah meminta kepada pengelola toko agar memastikan produk yang dijualnya telah memenuhi perizinan yang berlaku. Hal itu sekaligus sebagai upaya memberikan kepastian dan rasa aman kepada pembeli tentang produk yang dibelinya.

"Ini kan untuk melindungi masyarakat juga dari produk yang tidak sesuai, jika ada yang melanggar, harus ditindak," ujarnya.

Petugas tersebut mendatangi pusat perbelanjaan di Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. Mereka memeriksa isi stok makanan beku yang dijual di lokasi itu.

Hasilnya, sejumlah produk dinyatakan tidak layak edar. Salah satunya produk olahan organ dalam ternak. Di makanan beku itu dijual tanpa dilengkapi dengan produk kedaluwarsa serta izin edar dan BPOM.

Sidak di pusat perbelanjaan Jombang, petugas temukan produk yang tak layak edar.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News