Ketua LDII Jatim Sebut Media Massa Berintegritas Menguatkan Kebangsaan

Rabu, 03 April 2024 – 11:06 WIB
Ketua LDII Jatim Sebut Media Massa Berintegritas Menguatkan Kebangsaan - JPNN.com Jatim
Ketua DPW LDII Jawa Timur M. Amrodji Konawi (tengah) ANTARA/HO-Widi

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua DPW LDII Jatim M Amrodji Konawi menyebut media massa berintegritas menguatkan kebangsaan, terutama saat banyaknya informasi bermunculan di lini masa.

"Media sosial mampu membuat kebenaran bukan berdasarkan fakta, tetapi persepsi. Untuk itu, kita membutuhkan media massa yang berintegritas untuk menguatkan kebangsaan," ujar Amrodji, Selasa (2/3).

Menurutnya, media sosial menghadirkan dua hal sekaligus, yaitu kecepatan informasi, tetapi punya sisi negatif berupa kebenaran baru atau post truth. Berbeda dengan media massa yang punya kemampuan menyeleksi informasi dan cek dan ricek, baru diberitakan.

"Masyarakat harus waspada dalam memanfaatkan media sosial atau menyebarkan informasi di sana karena tidak memiliki saringan. Justru informasi di-framing terus-menerus seolah-olah menjadi kebenaran," katanya.

Dia mengajak masyarakat untuk tidak mudah mempercayai informasi yang beredar di media sosial, bahkan menimbang manfaat sebelum menyebarkan informasi di platform tersebut.

"Cukup menjadi dosa besar apabila menyebarkan informasi yang mengakibatkan adu domba atau memecah belah. Apalagi, bila informasi itu keliru," tuturnya.

Dia juga mengajak masyarakat tidak memelihara perselisihan karena pemilu telah usai, apalagi perselisihan itu berawal dari informasi di media sosial.

"Kompetisi telah selesai ketika KPU secara resmi mengumumkan pemenang. Kini saatnya kompetisi diubah menjadi kolaborasi untuk memajukan Indonesia," ucapnya.

Amrodji mengingatkan memelihara perselisihan hanya akan merugikan bangsa Indonesia yang diibaratkan sebuah ibarat kapal besar, jika ada pihak yang melubangi, bukan hanya penumpang yang tenggelam, pelakunya juga.

Ketua LDII Jatim Amrodji Konawi menyebut jika media massa berintegritas menguatkan kebangsaan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News