16 Ribu Personel Gabungan Disiagakan Untuk Amankan Lebaran 2024

Kamis, 28 Maret 2024 – 10:05 WIB
16 Ribu Personel Gabungan Disiagakan Untuk Amankan Lebaran 2024 - JPNN.com Jatim
Kapolda Jatim Irjen Polisi Imam Sugianto saat rakor lintas sektoral di Mapolda setempat, Rabu (27/3). ANTARA/HO-Bidhumas Polda Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Polda Jatim menyiagakan 16 ribu lebih personel gabungan untuk Operasi Ketupat Semeru 2024 mengamankan arus mudik dan balik serta libur panjang Lebaran atau Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto mengatakan Operasi Ketupat Semeru 2024 itu digelar mulai 3 hingga 16 April dan secara resmi akan dibuka melalui kegiatan apel pasukan dengan mengundang Forkopimda Jatim.

"Sekitar 16 ribu personel yang kami terjunkan. Itu dinamis, bisa berubah seiring pemetaan yang kami temukan di lapangan. Jumlah itu dari TNI ada 1.300 personel, yang standby 7.000-an, sedangkan dari stakeholder seperti Dishub dan Satpol PP ada 1.000 personel," ujar Imam.

Operasi Ketupat Semeru digelar salah satunya untuk fokus mengamankan kegiatan-kegiatan wisata saat libur panjang Idulfitri.

"Tanggal 10 dan 11 (April) libur Idul Fitri, lalu libur sampai tanggal 15 (April). Kita antisipasi tanggal merah setelah pelaksanaan Idul Fitri tanggal 10 April," katanya.

"Mudah mudahan dengan pemetaan dan rapat koordinasi teknis ini, kerawanan bisa kita petakan dan kita tetapkan cara bertindak pengamanan yang baik untuk masyarakat yang melakukan mudik atau berekreasi di Jatim," imbuh dia.

Imam mengimbau masyarakat untuk benar-benar memeriksa kondisi rumahnya saat akan melakukan perjalanan mudik Lebaran dalam waktu lama.

"Kami juga memetakan untuk patroli skala besar dari Polri/TNI dan stakeholder terkait. Mudah-mudahan tidak akan ada kejahatan dan kekerasan," tuturnya. (antara/mcr12/jpnn)

Polda Jatim nenyiagakan sebanyak 16 ribu personel gabungan untuk pengamanan Lebaran 2024.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News