Gempa Bawean, BPBD Jatim Mulai Distribusikan Bantuan

Minggu, 24 Maret 2024 – 10:42 WIB
Gempa Bawean, BPBD Jatim Mulai Distribusikan Bantuan - JPNN.com Jatim
Tim BPBD Jatim sedang melakukan asesment bangunan rusak akibat gempa di Pulau Bawean ANTARA/HO-BPBD Jatim

jatim.jpnn.com, GRESIK - Bantuan mulai didistribusikan BPBD Jatim kepada korban bencana gempa di Bawean, Gresik.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto mengungkapkan sejumlah bantuan tersebut dikirim menggunakan Kapal Bahari Ekspres.

"Bantuan tersebut berupa terpal 200 lembar, matras 100 pcs, dan selimut 200 pcs, paket sembako 100 paket, lauk pauk 50 dus, makanan siap saji 50 dus, air mineral 50 dus, tenda pengungsi 1 unit dan tenda keluarga 1 unit," katanya.

Selain itu, lanjut dia, ada Sabtu (23/3), Tim BPBD Jatim Bersama Tim Gabungan Berbagai Sektor terus berjibaku melakukan asesmen terhadap bangunan yang rusak, pemuatan bantuan yang baru datang dari kapal, hingga melakukan persiapan pendirian tenda pengungsi.

"Tim BPBD Jatim juga meninjau sejumlah lokasi pengungsian di Desa Suwari, Kecamatan Sangkapura yang juga merupakan desa terdampak paling parah di wilayah ini," ujarnya.

Dia mengatakan tim gabungan dari TNI, Polri, sukarelawan dan BPBD Gresik, Tim BPBD Jatim juga membantu pemuatan bantuan yang dibawa Tim Pemprov Jatim yang berangkat ke Pulau Bawean.

"Sebetulnya, kami akan langsung mendirikan tenda. Namun, karena banyak warga yang istirahat di lokasi, kita tunda," ujar Sekretaris BPBD Jatim Andhika N Sudigda.

Sementara ini, berdasar update data Pusdalops BPBD Jatim, hingga pukul 01.00 WIB, Minggu dinihari, gempa susulan telah terjadi sebanyak 201 kali.

Adapun total pengungsi akibat gempa ini, mencapai sekitar 15.731 jiwa, meliputi, anak-anak 6.022 jiwa, dewasa 7.350 jiwa dan lansia 2.359 jiwa. (antara/faz/jpnn)

BPBD Jatim mengungkapkan total pengungsi akibat gempa mengungkapkan gempa Bawean, mencapai sekitar 15.731 jiwa.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News