Banjir Mojokerto, Kali Brangkal Dibangun Tanggul Darurat

Senin, 18 Maret 2024 – 15:44 WIB
Banjir Mojokerto, Kali Brangkal Dibangun Tanggul Darurat - JPNN.com Jatim
Alat berat yang diturunkan Perum Jasa Tirta I untuk membangun tanggul darurat di Kali Brangkal, Kabupaten Mojokerto. (ANTARA/HO-PJT I)

jatim.jpnn.com, MOJOKERTO - Tanggul darurat dibangun di Kali Brangkal, Kab. Mojokerto, yang mengalami banjir di Desa Wringinrejo dan Desa Sambiroto, Kec. Sooko.

Dirut Perum Jasa Tirta (PJT) I Fahmi Hidayat menerangkan bantuan pembangunan tanggul darurat itu dilakukan berdasarkan hasil koordinasi bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas dan Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Jawa Timur.

"Kami yang bertugas menangani perbaikan darurat tanggul Kali Brangkal yang mengalami banjir di Kecamatan Sooko," kata Fahmi tertulis, Senin (18/3).

Selain itu, pihaknya juga memberikan dukungan material berupa jumbo bag untuk penanganan putusnya tanggul Kali Sadar yang dilaksanakan oleh BBWS Brantas.

Sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat, PJT I melalui tim tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) juga telah menyalurkan bansos berupa sembako melalui BPBD Kabupaten Mojokerto.

"Semoga dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat terjadinya banjir di Kabupaten Mojokerto," ujarnya.

Banjir di Mojokerto tersebut berawal dari hujan lebat sejak 5 Maret 2024 di area Brantas Tengah. Peningkatan intensitas hujan menyebabkan peningkatan debit cukup signifikan sehingga mengakibatkan kerusakan tanggul sungai.

Hingga pada 6 Maret 2024, terjadi banjir di beberapa lokasi area Kabupaten Mojokerto.

Kondisi tersebut diperparah dengan terjadinya hujan lebat pada 9 Maret 2024 yang mengakibatkan banjir susulan serta rusaknya konstruksi darurat yang telah dibangun mulai tanggal 7 Maret 2024. (antara/faz/jpnn)

Beberapa waktu lalu, banjir melanda dua desa di Kecamatan Sooko, Mojokerto. Sejumlah stakeholder pun turun tangan.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News