Nyepi Bertepatan dengan Ramadan, Menko PMK: Itu Lumrah, Tidak Usah Dirisaukan

Minggu, 10 Maret 2024 – 05:00 WIB
Nyepi Bertepatan dengan Ramadan, Menko PMK: Itu Lumrah, Tidak Usah Dirisaukan - JPNN.com Jatim
Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: Dok. UMSurabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut Hari Suci Nyepi 2024 yang bertepatan dengan hari pertama puasa di bulan Ramadan adalah hal yang lumrah.

"Kalau itu sih biasa, kita kan sudah biasa hidup toleransi, termasuk perbedaan awal puasa nanti kita biasa-biasa saja, tidak ada yang harus dirisaukan," kata Muhadjir di Surabaya, Sabtu (9/3).

Dia pun mengimbau masyarakat agar tetap saling menjaga toleransi. Bagi muslim, Muhadjir menyarankan agar salat tarawih dilakukan tanpa pengeras suara, pun ketika sedang tadarusan.

"Harus saling menghormati. Tarawihnya kan juga bisa diam-diam, kan tarawih tidak harus ramai-ramai. Saya kira, itu sudah biasa selama ini, sudah tidak banyak hal-hal yang harus kita persoalkan," ujarnya.

Dia mencontohkan, di Bali yang mayoritas penduduknya beragama Hindu, masyarakat yang beragama lain diminta agar menghormati.

"Di sana memang mayoritas Hindu. Harus kita hormati sepenuhnya, sedangkan agama lain juga tetap melaksanakan ibadah, tetapi tidak sampai mengusik yang sedang melaksanakan Nyepi," tuturnya.

Terkait pengeras suara, Muhadjir juga mengimbau agar penggunaannya dilakukan secara wajar selama bulan Ramdan 2024.

"Soal pengeras, saya kira bagus. Tetap digunakan tapi sewajarnya saja," ucap dia.

Muhadjir menuturkan tak ada larangan menggunakan pengeras suara karena hal itu memang diperlukan bagi Muslim yang hendak beribadah. Hanya saja, saat tadarus seyogyanya diberikan batasan.

"Tidak dibatasi tadarusnya, tetapi pakai pengerasnya itu loh, jangan terlalu keras-keras, sekadarnya lah gitu. Kan tidak harus adu keras kan? Apalagi berdekatan terus saling keras-kerasan, kan tidak perlu," pungkasnya. (antara/mcr12/jpnn)

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan perayaan Nyepi yang bertepatan dengan Ramadan pada 2024 adalah hal yang Lumrah.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News